Sukses

Bagaimana memperoleh buah hati?

17 Oct 2014, 19:24 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok, saya telah menikah 4 bulan yang lalu. Saya ingin bertanya bagaimana cara bisa segera memiliki momongan... tanggal mens saya tiap bulannya maju 1 hari, misal bulan juli tanggal 23, bulan agustus saya mendapat mens tanggal 22, bulan berikutnya tanggal 21. kemudian, saya mengalami keputihan setiap 7 hari setelah mens berakhir berupa cairan kental. Apakah itu juga bisa menghambat kehamilan? terimakasih atas jawaban dokter...( perempuan, 23 thn,160 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

 

 

 

 

 

Sebenarnya siklus haid Anda tergolong normal, karena siklus haid normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Jarak hari antara tanggal 23 Juli hingga 22 Agustus adalah 30 hari, dan itu masih termasuk normal. Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

 

 

 

 

 

 

 

  • pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stress psikologis
  • atlet
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid, dsb

 

 

Sedangkan mengenai keputihan, mohon diperjelas kembali, apakah selama 7 hari setelah haid berakhir ataukah setiap 7 hari setelah haid berakhir? Selain kental, bagaimana dengan bau atau jumlahnya? Jika terjadi beberapa hari setelah haid berakhir dan dapat menghilang sendiri, jumlahnya tidak terlalu banyak, tidak berbau dan tidak menyebabakan rasa gatal pada daerah sekitar kemaluan, maka keputihan tersebut digolongkan pada keputihan yang wajar atau fisiologis. Namun jika sebaliknya, maka ada kemungkinan terjadinya proses peradangan atau infeksi pada saluran reproduksi Anda. Untuk itu, Anda harus memeriksakan kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

 

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh buah hati adalah dengan melakukan hubungan seksual pada masa subur. Bagaimanakah menghitung masa subur? Masa subur adalah masa 14 hari +/- 2 hari sejak terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur) hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi yang dipakai merupakan siklus menstruasi rata-rata yang dihitung selama minimal 3 bulan (lebih baik lagi bila 6 bulan). Apabila siklus haid Anda selalu teratur selama 30 hari, misal pada siklus antara tanggal 23 Juli-22 Agustus 2010 maka masa subur Anda jatuh pada tanggal 6-10 Agustus 2010.  Namun perlu Anda ketahui bahwa perhitungan ini hanya efektif apabila siklus menstruasi Anda teratur. Perhitungan hanya menggunakan 1 siklus kurang akurat.

Hubungan seksual yang dilakukan di sepanjang masa subur, maka kemungkinan pembuahan sangat meningkat. Adapun posisi hubungan yang paling baik adalah posisi misionaris (pria di atas). Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kehamilan, yaitu:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio
  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

 


Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar