Sukses

Ibu hamil boleh dirawat gigi?

17 Oct 2014, 08:53 WIB
Wanita, 37 tahun.
Sore Dokter, Apakah anastesi gigi yang dilakukan pada gigi ( saya sedang memakai kawat gigi) dapat mempengaruhi janin yang saya kandung , karena kebetulan saya sedang hamil dengan usia kehamilan 6 bulan..Mohon penjelasannya dan terima kasih atas informasi dan bantuannya. ( perempuan, 37 thn,160 cm,68 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Sayangnya Anda kurang menjelaskan secara rinci untuk apa anestesi diberikan terhadap Anda. Apakah ada gigi yang harus dicabut, atau akan dilakukan perawatan saluran akar (endodontik) pada gigi yang masih vital, atau perawatan lain?

Perawatan gigi pada wanita hamil sebetulnya sebisa mungkin dihindari bila tidak bersifat urgent, terutama pada trimester pertama dan ketiga. Mengingat usia kehamilan Anda sudah dalam trimester kedua, perawatan gigi dapat dilakukan dengan cukup aman. Namun perawatan yang berpotensi untuk menimbulkan komplikasi seperti pencabutan sebaiknya dihindari.  Oleh karena itu menyambung pertanyaan Anda, pemberian anestesi pada wanita hamil trimester dua sebetulnya cukup aman bagi ibu dan janin, tapi sebaiknya tidak untuk kasus pencabutan namun sebatas untuk perawatan lain yang lebih "ringan" seperti perawatan saluran akar atau pengasahan pada gigi yang masih vital.

Sebagai informasi tambahan, pemeriksaan radiografi sebaiknya dihindari selama kehamilan karena paparan radiasi saat pengambilan gambar berpotensi untuk memberi dampak negatif bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar