Sukses

Kulit Kuning Akibat Wortel

08 Dec 2009, 13:20 WIB
Wanita, 28 tahun.
pagi dok,anak saya usia 8bl,setiap hari saya selalu memberinya makan dengan nasi tim yang saya blender beserta sayur-sayuran (wortel,bayam,jagung,dll), tapi jika anak terlallu berlebihan makan wortel,apa benar kulit akan menjadi kuning terutama telapak kaki dan telapak tangan?( perempuan, 28 thn,165 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

 

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Memang benar bahwa konsumsi wortel yang berlebihan dapat menyebabkan kulit berubah warna menjadi kekuningan, dan biasanya perubahan warna ini akan di mulai di  daerah telapak tangan dan kaki. Kondisi ini sering ditemukan pada bayi, yang mengkonsumsi banyak wortel dan berbagai sayuran lain yang berawarna kuning dan hijau. Wortel dan sayur-sayuran yang berwarna banyak mengandung karotene, yaitu suatu lipochrome yang secara normal akan menambah warna kuning pada kulit. Dengan tingginya kadar karotene di dalam darah maka kemungkinan terjadinya perubahan warna pada kulit akan semakin meningkat. Kondisi ini tidaklah berbahaya, dan akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Karena itu anda tidak perlu membatasi asupan sayur-sayuran tersebut, terutama wortel, untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika perubahan warna menjadi kekuningan terjadi pada kulit dan disertai pula dengan perubahan warna pada bagian putih mata menjadi kuning. Kondisi ini disebut sebagai jaundice. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya kelainan pada hepar, pemecahan sel darah yang abnormal, dan hal-hal lain yang terjadi dalam tubuh yang menyebabkan kadar bilirubin meningkat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar