Sukses

Kapankah masa subur saya?

19 Oct 2014, 23:41 WIB
Wanita, 22 tahun.
malam dok,saya dan suami berencana segera memiliki momongan,bagaimana menghitung masa subur dan waktu ovulasi saya?bulan november saya menstruasi tgl 18 sedang bulan sblmnya saya mens tgl 23,mens saya teratur 28 hari,kpn masa subur saya?kpn waktu yg tepat untuk berhubungan?agar terjadi pembuahan?trimakasih.(perempuan, 22 thn,160 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Masa subur adalah masa 14 hari +/- 2 hari sejak terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur) hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi yang dipakai merupakan siklus menstruasi rata-rata yang dihitung selama minimal 3 bulan (lebih baik lagi bila 6 bulan). Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, siklus menstruasi Anda selama ini umumnya berjalan teratur setiap 28 hari, akan tetapi sebenarnya perlu dilakukan penghitungan rata-rata dari siklus menstruasi Anda selama 3 bulan terakhir. Apabila diambil rata-rata 28 hari, maka masa ovulasi Anda jatuh antara tanggal 30 November hingga tanggal 4 Desember 2009 dengan masa subur antara tanggal 30 November hingga 15 Desember 2009, dan periode menstruasi selanjutnya mulai tanggal 16 November 2009.

Hubungan seksual dapat dilakukan di sepanjang masa subur setiap 2-3 hari, terutama selama masa ovulasi (30 November-4 Desember 2009) saat kemungkinan terjadinya pembuahan sangat meningkat. Adapun posisi hubungan yang paling baik adalah posisi misionaris (pria di atas). Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kehamilan, yaitu:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio
  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar