Sukses

Mencegah kehamilan dengan kondom

10 Dec 2009, 16:52 WIB
Wanita, 24 tahun.
dear dokter... apakah benar jika berhubungan seks pada saat menjelang haid, sekitar 3hari/7hari sebelum haid, kehamilan tidak terjadi??? apakah menggunakan kondom kehamilan bisa dicegah? seberapa akurat keberhasilannya???? memasukkan tangan ke dalam vagina apakah berbahaya bagi wanita??? thanks,,,,,,,,,(perempuan, 24 thn,165 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menjelaskan sedikit mengenai masa subur. Masa subur adalah masa terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur) di mana kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah besar. Masa subur sangat besar artinya baik bagi pasangan yang ingin hamil maupun menunda kehamilan. Bagi pasangan ingin cepat memiliki keturunan, masa subur dapat dijadikan patokan untuk melakukan hubungan seksual, sedangkan mereka yang ingin menunda kehamilan, masa subur adalah masa yang harus dihindari untuk melakukan hubungan seksual.

Bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur, masa subur umumnya berlangsung pada 14 +/- 2 hari dari perkiraan haid berikutnya.

Masa subur adalah masa 14 hari +/- 2 hari sejak terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur) hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi yang dipakai merupakan siklus menstruasi rata-rata yang dihitung selama minimal 3 bulan (lebih baik lagi bila 6 bulan). Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, siklus menstruasi Anda selama ini umumnya berjalan teratur setiap 28 hari, akan tetapi sebenarnya perlu dilakukan penghitungan rata-rata dari siklus menstruasi Anda selama 3 bulan terakhir. Dengan demikian berarti masa subur berlangsung pada hari ke-12 hingga hari ke-16 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Adapun bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, maka pertama-tama perlu dicatat panjang siklus haid minimal selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 8, maka akan diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid berikut. Kemudian dari jumlah hari pada siklus terpanjang dikurangi 11, maka akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sebagai contoh: dengan siklus haid terpendek 25 hari dan siklus haid terpanjang 31 hari, maka masa subur dapat dihitung sebagai berikut:

25-8 = 17 hari, dan 31-11 = 20

Dengan demikian, masa subur rata-rata selama 6 siklus haid berlangsung pada hari ke-17 hingga hari ke-20 dari hari pertama siklus haid sebelumnya. 

 

Dengan mengetahui masa subur Anda, dapat diperkirakan kapan saat Anda dapat atau sebaiknya tidak berhubungan seksual dengan pasangan Anda. Apabila Anda memiliki siklus haid teratur, maka masa subur Anda telah selesai saat 3-7 hari menjelang haid. Dan tidak masalah bagi Anda dan pasangan untuk melakukan hubungan seksual. Namun juga perlu diperhitungkan mengenai fakor-faktor lain seperti stres fisis maupun psikis yang dapat mempengaruhi keteraturan siklus haid sehingga kehamilan masih mungkin terjadi, terutama apabila siklus haid Anda tidak teratur setiap bulannya.

Adapun mengenai keakuratan kondom dalam mencegah kehamilan, dapat Anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

Rubrik Kehamilan dan Kandungan - Kondom

Memasukkan tangan ke vagina, berbahayakah?

Saat melakukan hubungan seksual, tidak jarang pria akan memasukkan tangannya ke dalam vagina untuk membuat terangsang pasangannya. Selama stimulasi dilakukan dengan lembut menggunakan tangan yang cukup bersih, maka hal ini tidak akan berdampak buruk pada Anda. Akan tetapi apabila stimulasi dilakukan dengan kasar, maka dapat terjadi iritasi atau perlukaan pada vagina. Belum lagi apabila stimulasi dilakukan menggunakan tangan atau barang-barang yang tidak terjamin kebersihannya. Kuman dalam tangan maupun barang-barang tersebut dapat menginfeksi vagina yang umumnya akan timbul sebagai gejala keputihan dan gangguan pada saat buang air kecil. 

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar