Sukses

Tanda janin tidak berkembang

18 Oct 2014, 14:33 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok, saya mau tanya, saya bingung sekali dan selalu ketakutan atas perkembangan janin, usia kehamilan masuk 14 minggu, yang saya mau tanyakan : 1. menggunaan fetal doppler yang ada dipasaran, yang fungsinya untuk mendengarkan/deteksi jantung pada janin apakah aman? 2. apa penyebab bayi terlilit tali pusar? apa ada tanda yang bisa dirasakan ibu? 3. jika janin tidak berkembang atau berat badan tidak sesuai dengan usia kehamilan bagaimana? dan apa bisa dirasakan selain dengan usg ? Terima kasih dok( perempuan, 26 thn,167 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan.

1. menggunaan fetal doppler yang ada dipasaran, yang fungsinya untuk mendengarkan/deteksi jantung pada janin apakah aman?

Fetal doppler aman digunakan di masa kehamilan dan tidak membahayakan perkembangan janin

2. apa penyebab bayi terlilit tali pusar? apa ada tanda yang bisa dirasakan ibu?

Bayi terlilit tali pusar dapat disebabkan karena gerakan bayi yang terlalu aktif, bayi yang masih kecil dan air ketuban yang banyak, atau tali pusar yang terlalu panjang. Lilitan tali pusar dapat berakibat fatal bagi janin . Pantaulah selalu gerakan janin. Apabila janin tidak bergerak seaktif biasanya meskipun sudah dirangsang (melalui makanan atau diusap), segeralah berkonsultasi ke dokter. Apabila pada kehamilan 36 minggu kepala janin belum memasuki rongga panggul, dapat dicurigai bayi terlilit tali pusar. Melalui pemeriksaan USG dan CTG, kondisi janin dapat dipantau

3. jika janin tidak berkembang atau berat badan tidak sesuai dengan usia kehamilan bagaimana? dan apa bisa dirasakan selain dengan usg ?

Tanda yang paling sering terjadi diantaranya adalah besar rahim dengan usia kehamilan tidak seimbang serta tanda lainnya adalah perdarahan terutama pada trimester pertama. Selain itu, pembesaran rahim tidak pula disertai gambaran janin dan detak jantung janin.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar