Sukses

Tumor jinak Vs ganas?

20 Oct 2014, 06:15 WIB
Wanita, 38 tahun.
Dok, kurang lebih 10 th yll ada sedikit bintil di paha sebelah kiri dan sekarang besarnya sudah berdiameter 0,5 cm dan panjang 0,75cm. Tidak terasa sakit ketika di cubit. Saya sudah periksa di dokter umum katanya tumor jenis papiloma dan tidak berbahaya. Tapi pada penjelasan dari YKI beberapa waktu yll tumor ganas justru tidak terasa sakit pada saat dia masih berukuran kecil dan bisa tumbuh dg cepat pada saat kesehatan kita drop. Saya ingin penjelsan sehubungan dg hal di atas. Apakah saya harus melakukan operasi.....?( perempuan, 38 thn,150 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudaari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya kami ingin mengkonfirmasi jenis tumor yang Anda alami.  Apakah benar papiloma? Umumnya jenis tumor yang menyerupai keluhan tersebut dinamakan Lipoma, yaitu tumor jaringan lunak yang tidak berbahaya atau jinak. Jika ukuran tumor cenderung menetap dan tidak bertambah besar, kemungkinan besar merupakan tumor jinak. Namun jika tumor membesar dan menimbulkan gejala, patut dicurigai bahwa tumor tersebut cenderung ganas. Tumor ganas yang penampilannya menyerupai lipoma disebut dengan liposarcoma.  

Mengenai informasi yang Anda dapatkan, memang semuanya tergantung dari jenis sel-sel tumornya. Jika sel tumor termasuk jinak, maka tumor tidak berbahaya dan umumnya tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sehingga penanganannya dapat hanya dengan operasi pengeluaran tumor. Namun, jika jenis sel tumor termasuk ganas, maka selain tumor dikeluarkan diperlukan pengobatan lainnya seperti radiasi atau kemoterapi untuk membunuh sel-sel ganas yang kemungkinan menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

Untuk memastikan jenis tumor, memang tetaplah yang terbaik adalah dengan biopsi atau mengambil sedikit jaringan tumor  atau dapat langsung mengangkat keseluruhan tumor dan langsung diperiksa jenisnya di bawah mikroskop.

Jika memang kecurigaan mengarah ke  lipoma yang termasuk tumor jinak, maka Anda dapat melakukan operasi pengeluaran tumor dan kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk benar-benar memastikan jenis tumor.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar