Sukses

Haid tidak teratur

03 Dec 2009, 18:05 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok, saya mau tanya apa menstruasi saya yang tidak lancar (kadang rutin tiap bulan, kadang 2 bulan sampai 3 bulan sekali) menyebabkan saya sulit mempunyai keturunan? Setelah saya menikah saya pernah USG tapi kata dokter yg periksa ga ada masalah. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.( perempuan, 26 thn,159 cm,83 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda mengenai masalah siklus haid tidak teratur yang dialami. Siklus haid normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.  Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama


  • pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)


  • pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30


  • stress psikologis


  • atlet


  • kekurangan vitamin K


  • penggunaan obat-obatan tertentu


  • kelainan pembekuan darah


  • gangguan hormon tiroid, dsb

Dengan siklus haid yang tidak teratur, maka akan sulit bagi Anda untuk memperkirakan masa subur. Namun, berdasarkan data yang Anda cantumkan mengenai tinggi dan berat badan, indeks massa tubuh (IMT) Anda adalah 32,83 (Anda dapat mencoba memasukkan data tinggi dan berat badan dalam fitur Hitung Body Mass Index yang ada pada kolom sisi kiri bawah dari halaman muka situs kami). Indeks Massa Tubuh >30 tergolong dalam obesitas, dan merupakan salah faktor risiko dari terjadinya gangguan keseimbangan hormonal yang dapat mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur. Sebaiknya coba turunkan terlebih dahulu berat badan Anda hingga mencapai berat badan ideal, yaitu dalam kisaran 53,1 hingga 64,9 kg. Selain itu, perhatikan faktor-faktor lain seperti stress yang dapat menjadi risiko gangguan keseimbangan hormonal. Jika semua faktor risiko tersebut sudah dihindari, namun siklus tetap tidak teratur, kami sarankan untuk kembali berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan.Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar