Sukses

Bau mulut

01 Dec 2009, 13:01 WIB
Pria, 26 tahun.
Dok...suami saya mempunyai masalah dengan bau mulut. Giginya tidak mengalami permasalah seperti berlubang atau yang lainnya, dan rutin menggosok gigi, 2 x sehari, pagi hari dan sebelum tidur, atau ketika sehabis makan. Sesekali frekuensi sikat gigi akan ditambah jika, ada bau mulut, namun rutinitas sikat gigi ini tidak mengurangi frekuensi bau mulut, bau mulut tetap ada setelah beberapa waktu berselang. Suami saya juga sering mengalami sariawan, titik sariawan dapat terjadi dibeberapa tempat dalam satu kali waktu, untuk penangan sariawan ini, kami berkonsultasi dengan Dr. Sp.THT, dan biasanya sariawan bisa sembuh setelah mengkonsumsi obat dr Dr. Namun akan kambuh lagi. Mohon pencerahannya atas permasalahan kami, kemungkinan2 apa yg menyebabkan terjadinya bau mulut ini, apa tindakan preventifnya, dan Dr. Spesialis apa yg paling cocok untuk menangani masalah ini. Untuk dikeyahui, kami tinggal di yogyakarta. Atas jawaban dan perhatiannya, kami ucapkan terimaksih( laki-laki, 26 thn,163 cm,67 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Apakah kondisi gigi dan mulut suami Anda sudah diperiksa oleh dokter gigi?Sumber bau mulut yang terbesar adalah karena masalah gigi dan mulut. Adanya gigi berlubang, makanan yang terjebak di sela gigi, karang gigi yang cukup berat, produksi air liur yang terganggu sehingga membuat mulut kering, air liur yang kental, dan masalah gigi dan mulut lainnya dapat memicu timbulnya bau mulut.

Bila Anda belum memeriksakan diri ke dokter gigi, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi secara langsung agar kondisi gigi geligi dapat diperiksa secara menyeluruh. Pemeriksaan pertama dapat dilakukan oleh dokter gigi umum, bila memang dokter gigi umum tersebut menemukan kelainan yang lebih lanjut baru dapat dirujuk ke dokter gigi spesialis yang lebih berkompeten untuk melakukan perawatan. Sariawan dalam bahasa kedokteran disebut Stomatitis Aftosa Rekuren, di mana rekuren berarti hilang timbul jadi memang tidak aneh bila sariawan sering kambuh. Meski begitu sebaiknya ditelusuri penyebab/pemicunya agar dapat diantisipasi. Tidak hanya kekurangan nutrisi dan perubahan hormonal yang dapat menyebabkan timbulnya sariawan, stress juga dapat menjadi penyebab. Selain itu, perlu diwaspadai luka seperti sariawan itu adalah kondisi patologis lain, karena banyak kondisi patologis yang tampilan klinisnya menyerupai sariawan. Untuk itu diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi, dan bila perlu akan dilakukan pemeriksaan penunjang lain seperti pemeriksaan rontgen atau darah.

Masalah bau mulut adalah salah satu masalah yang paling sering ditanyakan dalam rubrik konsultasi gigi klikdokter, dan artikelnya sudah dimuat di rubrik kesehatan gigi. Untuk membaca selengkapnya, Anda dapat masukkan kata kunci "bau mulut" di mesin pencarian website Kami di halaman depan sisi kanan atas.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar