Sukses

Kekhawatiran dalam kehamilan

20 Oct 2014, 08:54 WIB
Wanita, 26 tahun.
Siang Dok, saat ini saya sedang menjalani kehamilan memasuki usia 12 minggu, tapi semenjak minggu pertama hamil saya parno sekali, takut nanti bayi saya kurang A dan kurang B, jadi semenjak 2 bulan saya rutin ke dokter periksa dan USG, sebentar-bentar mau periksa dan USG demi melihat perkembangan janin. Yang saya mau tanyakan : 1. Apa penganti sayur karena sulit sekali makan sayur dok? 2. Tindakan dini apa untuk bisa mencegah bayi kelilit tali pusar? karena teman saya baru saya mengalami ini di kehamilan memasuki usia 5 jalan 6 bulan, dan calon bayi nya itu sudah meninggal 2 minggu didalam rahim, karena dia cek kehamilan setiap awal bulan 3. Bagaimana posisi tidur yang baik untuk bumil? apa ada anjuran khusus? 4. Apa efek buat janin jika selama kehamilan ibu mengalami flu, pusing, apa masih dianggap wajar? 5. Sekarang juga masih takut untuk berhubungan dengan suami, apa sebenarnya tidak masalah dok? Semoga dokter bisa menjawab kegundahan hati saya ini. Terima kasih( perempuan, 26 thn,166 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda. Semoga dapat mengurangi rasa khawatir yang anda rasakan selama kehamilan ini.

 

1. Apa penganti sayur karena sulit sekali makan sayur dok?

 

Tidak ada suplemen ataupun makanan lain yang mampu menggantikan peranan sayur. Sayur memiliki kandungan gizi tersendiri yang tidak dimiliki oleh makanan lain, seperti serat, vitamin, mineral, protein nabati, dll. Karena itu, untuk kebaikan anda dan bayi dalam kandungan anda, ada baiknya jika anda berusaha untuk mengkonsumsi sayur-sayuran, sedikit demi sedikit, jangan terlalu dipaksakan. Makanlah sayuran dalam bentuk yang bervariasi, sehingga anda tidak bosan.

 

2. Tindakan dini apa untuk bisa mencegah bayi kelilit tali pusar?

 

Sebenarnya lilitan tali pusat yang terjadi pada janin dalam kandungan tidak selalu membahayakan, selama aliran darah dari ibu tetap dapat dialirkan kepada janinnya, sehingga janin tetap mendapatkan asupan makanan. Tidak ada satupun tindakan yang dapat dilakukan untuk menghidari lilitan tali pusat, karena lilitan tali pusat terjadi akibat tali pusat yang terlalu panjang (panjang tali pusat setiap bayi berbeda-beda) dan akibat gerakan-gerakan janin di dalam kandungan sehingga menyebabkan tali pusat mengelilingi leher janin. Biasanya lilitan tali pusat ini terdeteksi melalui pemeriksaan USG pada kehamilan di trimester ketiga, dimana tali pusat sudah tumbuh semakin panjang. Dengan pemeriksaan kehamilan yang teratur, anda dapat mendeteksi adanya lilitan tali pusat pada janin anda secara dini. Jika terdapat lilitan tali pusat pada bayi anda, segeralah berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan sehingga dokter dapat memutuskan tindakan terbaik yang dapat dilakukan untuk anda dan bayi anda saat proses persalinan tiba, sehingga bayi dapat dilahirkan dengan selamat.

 

3. Bagaimana posisi tidur yang baik untuk bumil? apa ada anjuran khusus?

 

Ibu hamil sebenarnya dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi yang dirasa nyaman. Dan sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai posisi tidur yang terbaik untuk ibu hamil. Namun posisi tidur ibu yang miring ke kiri dipercaya dapat memberikan keuntungan bagi bayi untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya pembuluh darah balik besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan tulang belakang. Pembuluh darah ini bermanfaat mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, juga membantu ginjal membuang sisa metabolisme ibu sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada kaki dan tangan ibu hamil.

 

Posisi tidur telentang tak dianjurkan bagi ibu hamil, terutama setelah kehamilan memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Sebab, rahim yang sudah membesar akan menekan pembuluh aorta dan pembuluh vena di tulang belakang sehingga mengurangi aliran darah dari ibu ke janin.

 

4. Apa efek buat janin jika selama kehamilan ibu mengalami flu, pusing, apa masih dianggap wajar?

 

Sakit flu dan sakit kapala memang wajar terjadi dan dapat mengenai siapa saja, tidak terkecuali ibu hamil. Anda tidak perlu khawatir dengan keluhan-keluhan ini selama anda selalu mendapatkan pengobatan yang tepat dan diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk itu, anda harus selalu berkonsultasi kepada dokter anda setiap kali anda merasa sakit, hindari penggunaan obat yang dibeli bebas tanpa izin dari dokter karena dikhawatirkan obat tersebut tidak aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

 

Untuk mendapatkan informasi mengenai obat yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, anda dapat membacanya dalam artikel kami yang berjudul Obat-Obatan Di Dalam Kehamilan

 

5. Sekarang juga masih takut untuk berhubungan dengan suami, apa sebenarnya tidak masalah dok?

 

Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan hubungan seksual selama hamil karena sebagian besar wanita hamil dapat melakukan hubungan seksual dengan aman, kecuali pada wanita hamil dengan kondisi-kondisi tertentu seperti:

 
  • Mengalami perdarahan yang tiba-tiba

  • Mengalami sakit pada perut, seperti kram perut atau kontraksi perut

  • Selaput ketuban sudah pecah yang ditandai dengan keluarnya air-air dari vagina

  • Adanya pembukaan serviks yang lebih dini

  • Riwayat melahirkan bayi prematur sebelumnya

  • Dll

 
 

Jika hal-hal tersebut di atas terjadi pada diri Anda, anda sebaiknya segera memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Jika anda tidak mengalami hal-hal di atas, maka anda bebas dan aman untuk melakukan hubungan seksual selama anda hamil, termasuk pada trimester ketiga kehamilan. Hubungan seksual tidak akan melukai bayi anda karena bayi anda telah terlindung oleh selaput ketuban dan cairan ketuban di dalam kandungan.

 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Untuk memantau kehamilan anda, anda dapat menggunakan fasilitas kami yang bejudul Kalender Kehamilan yang terdapat di halaman depan sebelah kanan bawah.  Semoga bermanfaat (DP).

 

Salam,

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar