Sukses

Anak muntah terus menerus

18 Oct 2014, 09:21 WIB
Wanita, 27 tahun.
halo dok, saya punya anak berusia 1 thn tapi anak saya ini bermasalah dengan yang namanya makanan dia mau saja makan tp setiap dikasih makan pasti muntah dan muntahnya tu banyak sekali sehingga semua su2 yg dia minum tu dimuntahkan semua.... sejak bayi dia selalu setiap dikasih makan pasti muntah.... saya sudah mengganti dengan segala macam jenis makanan mulai dr yg beli produk yg dipasaran hingga membuat makanan sendiri pernah saya kasih di usianya yg 1 thn ni saya coba kasih sedikit saja roti tp hasilnya adalah muntah yg buanyak sekali hingga sekarang dia hanya minum su2 saja saya jg sdh memberi dia suplemen makanan bahkan dengan dokter anaknya sudah dikasih obat muntah, antibitoik n obt penambah nafsu makan tapi tetap saja hasilnya adalah setiap makan pasti muntah saya jd sedih n bingung dibuatnya dok... apa yg harus saya lakukan dan apa yg salah dengan anak saya? ( perempuan, 27 thn,169 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai kondisi anak Anda.

Muntah dapat merupakan sutau tanda awal adanya penyakit pada saluran cerna anak anda ataupun tanda adanya penyakit di luar saluran cerna, seperti adanya infeksi tubuh. Penyebab muntah pada anak pun dapat berbeda-beda tergantung dari usia anak. Pada anak anda yang telah berusia 1 tahun, muntah yang terus menerus dapat terjadi akibat :

  • Invaginasi usus, yaitu suatu keadaan dimana usus masuk ke dalam usus berikutnya.
  • Stenosis (penyempitan) esofagus
  • Stenosis (penyempitan) pylorus (bagian dari lambung)
  • Alergi makanan
  • Penyakit defisiensi enzim, seperti galaktosemia, sehingga keluhan muncul setiap kali anak diberikan makanan yang mengandung gula di dalamnya.
  • Infeksi saluran cerna, biasanya disertai dengan diare dan sakit perut.
  • Infeksi lain di luar saluran cerna

Untuk mendapatkan diagnosis pasti, sebaiknya anda melakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan x-ray abdomen  (untuk mengetaui adanya invaginasi usus, stenosis esofagus ataupun stenosis pylorus), tes cukit kulit (untuk mengetahui adanya alergi makanan) ataupun pemeriksaan darah lengkap (untuk mengetahui adanya infeksi lain di dalam tubuh). Pemeriksaan ini dilakukan atas anjuran dokter spesialis anak, setelah anak anda diperiksa secara menyeluruh oleh dokter tersebut. Dengan melakukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti di atas diharapkan dapat diketahui penyebab pasti dari keluhan yang dialami oleh anak anda, sehingga dokter dapat memberikan terapi yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar