Sukses

Gigi tambalan goyah dan bengkak

16 Oct 2014, 07:27 WIB
Wanita, 33 tahun.
Sakit pada gigi bengkak gigi tambalan saya agak goyah dan bengkak pada gusinya itu terjadi setiap kali saya makan makanan yang agak keras kalo makan yang keras maka bengkaknya juga makin besar......mohon penjelasan thanks( perempuan, 33 thn,160 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sayangnya keterangan yang Anda berikan terlalu singkat, namun dari cerita Anda nampaknya gusi di bawah gigi yang sudah ditambal itu mengalami abses.

Penyebabnya ada beberapa kemungkinan. Pertama, telah terjadi kebocoran pada tambalan, mungkin disebabkan kualitas tambalan kurang baik. Akibatnya terjadi karies sekunder di bawah tambalan, dan infeksinya terus berlanjut hingga ke ujung akar dan ke jaringan periodontal (jaringan pendukung akar yaitu gusi dan tulang) kemudian menjadi abses. Abses yang demikian disebut abses periapikal.

Kemungkinan lain, tambalannya masih baik tapi gigi tersebut goyang karena kerusakan tulang, bisa jadi karena karang gigi yang berat, atau adanya kontak prematur pada gigi tersebut sehingga terjadi kerusakan jaringan periodontal. Tandanya, terjadi poket periodontal yaitu perlekatan gusi ke permukaan gigi rusak, sehingga terjadi celah yang dalam antara gusi dan gigi.

Saya menyarankan Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi, karena sulit untuk menentukan diagnosis yang pasti tanpa pemeriksaan secara langsung. Dengan pemeriksaan visual dan penunjang (seperti foto rontgen, bila perlu) dapat diusut penyebab dari keluhan Anda, kemudian dapat ditentukan rencana perawatannya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg.Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar