Sukses

Cara sederhana memeriksa varikokel

20 Oct 2014, 08:22 WIB
Wanita, 33 tahun.
apakah varikokel bisa kita ketahui tanpa bantuan dokter ? klo bisa gmn ? mohon penjelasan............thanks(perempuan, 33 thn,160 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Varises di kantung zakar dikenal di dunia medis sebagai varikokel. Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (kantung buah zakar) yang mendarahi testis. Aliran darah di vena diatur oleh katup 1 arah yang mencegah aliran darah kembali. Fungsi katup yang terganggu atau penekanan dari pembuluh darah vena dapat menyebabkan pembesaran dari vena yang berujung terhadap pembentukan varikokel. 

Pasien varikokel umumnya datang ke dokter dengan keluhan infertilitas (mandul). Dari pemeriksaan dapat  terlihat adanya pembengkakan atau benjolan pada kantung buah zakar yang terasa nyeri dan berat yang jika diraba terasa seperti memegang kantung yang berisi banyak cacing. Berikut akan kami jelaskan mengenai prosedur pemeriksaan sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri.

Prosedur pemeriksaan

Pemeriksaan dilakukan dalam posisi berdiri. Pertama-tama diperhatikan kondisi kantung buah zakar kemudian diraba. Jika diperlukan, pemeriksaan dapat dilakukan dengan mengedan atau melakukan sebuah manuver, yaitu menghembuskan nafas secara maksimal dalam keadaan mulut dan hidung yang tertutup (manuver valsalva). Jika terdapat varikokel, maka pada pemeriksaan lihat dan raba dapat ditemukan benjolan seperti kumpulan cacing dalam sebuah kantung yang terletak di atas testis (buah zakar). Apabila terdapat varikokel derajat besar, maka bentuknya sudah dapat terlihat tanpa harus melakukan perabaan dengan/tanpa manuver valsalva/mengedan. Pada varikokel derajat sedang, maka varikokel dapat ditemukan dengan melakukan palpasi tanpa manuver valsalva/mengedan. Sedangkan varikokel derajat kecil memerlukan palpasi dengan bantuan manuver valsalva/mengedan untuk menemukannya.

Akan tetapi terkadang sulit untuk menemukan varikokel secara klinis meskipun terdapat tanda-tanda lain yang mendukung. Pada keadaan ini diperlukan bantuan alat yang dapat mendeteksi adanya peningkatan aliran darah dalam anyaman pembuluh darah testis. Dan pemeriksaan ini harus dilakukan oleh dokter yang kompeten di bidangnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar