Sukses

Paten = tidak ada sumbatan?

20 Oct 2014, 04:55 WIB
Wanita, 30 tahun.
dear Dokter... Dok, saya baru melakukan HSG dan hasil HSG adalah tuba dua2nya paten. kalo paten apakan berarti tidak ada sumbatan? oiya dok, apakah kalo paten itu di gambar rontgen nya terlihat ada ruas2 putih atau hitam semua? terima kasih (perempuan, 30 thn,168 cm,76 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Pemeriksaan histerosalpingografi (HSG) merupakan salah satu pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat struktur rahim dan saluran telur. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menyemprotkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam rongga rahim melalui vagina, kemudian dilakukan foto roentgen untuk melihat apakah zat tersebut masuk hingga saluran telur atau tidak (ada sumbatan/tidak dan letaknya).

Sebuah tuba dikatakan paten apabila tidak ditemukan adanya sumbatan. Hal ini dapat terlihat apabila dari pemeriksaan ditemukan adanya warna putih yang mengisi rongga rahim dan saluran telur secara penuh. Warna putih ini antara lain adalah sebuah cairan (zat kontras) yang mengalir memenuhi seluruh rongga rahim hingga kedua saluran telur. Adapun karena strukturnya yang dibentuk oleh jaringan lunak, maka pemeriksaan foto roentgen murni tanpa zat kontras tidak akan dapat melihat bentuk rahim maupun kedua saluran telur.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar