Sukses

Nyeri ulu hati saat batuk

18 Oct 2014, 12:16 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dear Klik Dokter, Sudah seminggu ini saya menderita radang tenggorok, sekarang saya merasakan sakit diantara dada dan perut ketika batuk, dan ini terasa mengganggu saya. lebih baik saya harus diam saja, ga usah bicara apapun. apakah ini bersifat wajar saja dokter? terima kasih untuk pencerahan dari dokter nantinya. (perempuan, 31 thn,162 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Pada prinsipnya, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan. Batuk dapat merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dsb untuk mengeluarkan benda asing. Pada saat batuk, terjadi peningkatan tekanan dalam rongga perut. Semakin keras batuk, maka semakin tinggi tekanan yang terjadi dalam rongga perut hingga dapat menyebabkan perut terasa nyeri saat batuk, terutama pada batuk yang kering (tidak produktif). Sebenarnya hal tersebut adalah wajar. Akan tetapi perlu diperhatikan mengenai penyebab radang tenggorokan Anda sehingga pengobatan dapat dilakukan secara optimal. Keluhan nyeri perut akan menghilang dengan sendirinya saat keluhan batuk sudah berkurang.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Radang tenggorokan akibat iritasi umumnya berkaitan dengan pola makan (makanan panas dan berminyak, makanan pedas), kekeringan (kurang minum, demam), dan trauma (akibat batuk yang terlalu keras) pada tenggorokan sehingga penting bagi Anda untuk menghindari berbagai faktor tersebut.
  • Konsumsi air mineral yang banyak, penuhi kebutuhan nutrisi dan istirahat yang cukup.
  • Jika perlu dapat ditambahkan dengan konsumsi multivitamin dan multimineral untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Apabila setelah menerapkan tips-tips di atas keluhan Anda tidak juga membaik, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat tatalaksana yang lebih optimal. Jika diperlukan, dokter mungkin akan memberikan Anda pengobatan tambahan dengan antibiotik, obat penekan batuk dan/atau pengencer dahak, serta antiradang sesuai indikasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar