Sukses

Siku kanan nyeri: tanda osteoporosis?

18 Oct 2014, 16:34 WIB
Wanita, 42 tahun.
Siku kanan kdg nyeri /linu wktu digerakkan. td radang gak ada. cuman nyeri pd pergerakan. awal timbul nyeri gara2 melakukan gerak memutar pd siku scr terus menerus. apa itu tmsk osteoporosis? dikasih obat apa? sementara ini cuman minum na diklofenak. asam mefenamat. tp belum ada hasil(perempuan, 42 thn,159 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menjelaskan sedikit mengenai osteoporosis terlebih dahulu.

Secara definisi, osteoporosis adalah suatu keadaan yang ditandai oleh massa (berat) tulang yang rendah dan kerusakan pada jaringan di dalam tulang. Pada Osteoporosis, terjadi penurunan kualitas tulang dan kuantitas kepadatan tulang, padahal keduanya sangat menentukan kekuatan tulang sehingga penderita Osteoporosis mudah mengalami patah tulang atau fraktur.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kami kira osteoporosis bukanlah penyebab dari keluhan yang Anda rasakan saat ini. Yang mungkin terjadi adalah sendi siku Anda sedang meradang/terluka akibat penggunaan otot-otot sendi secara terus-menerus. Rasa nyeri umumnya akan menghilang seiring dengan penyembuhan lukanya. Penggunaan obat-obatan golongan antiradang bukan steroid seperti natrium diklofenak dan asam mefenamat memang dapat membantu  Anda meredakan keluhan nyerinya dan dapat mencegah perburukan yang mungkin terjadi. Akan tetapi pengobatan ini harus disertai oleh faktor lain seperti perubahan pola diet, fisioterapi, serta modifikasi aktivitas. Beberapa hal yang dapat dilakukan sendiri antara lain adalah:

  • Istirahat. Jika mengalami nyeri atau radang pada sendi, istirahatkan selama 12 - 24 jam. Atau istirahat dari aktivitas selama 10 menit setiap jam.
  • Melakukan olahraga intensitas ringan seperti berjalan atau renang. Namun jangan berolahraga saat sendi dalam keadaan sakit.
  • Kurangi beban yang berlebih pada sendi-sendi tubuh.
  • Kompres panas dan dingin untuk menangani nyeri. Kompres hangat dapat diberikan selama 20 menit, beberapa kali sehari. Kompres dingin dapat diberikan bila tidak ada gejala baal atau sirkulasi yang terganggu.
  • Gunakan krim atau jel yang tersedia di apotek untuk mengurangi nyeri. Beberapa krim bekerja dengan memberikan sensasi panas atau dingin atau mengandung zat aktif tertentu yang akan diserap melalui kulit dan mengurangi nyeri.

Apabila setelah menerapkan tips-tips di atas keluhan tidak juga membaik, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam khususnya ahli rheumatologi untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Terkadang rasa nyeri pada sendi dapat dirasakan secara terus-menerus untuk jangka lama dengan  penyebab tersering adalah osteoartritis, yaitu suatu kelainan sendi kronis (jangka lama) dimana terjadi proses pelemahan dan disintegrasi dari tulang rawan sendi yang disertai dengan pertumbuhan tulang dan tulang rawan baru pada sendi. Kelainan ini merupakan suatu proses degeneratif pada sendi yang dapat mengenai satu atau lebih sendi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar