Sukses

Masih bisakah hamil alami?

26 Nov 2009, 13:11 WIB
Wanita, 29 tahun.
saya baru saja operasi kista endometriosis,menikah 2 tahun dan belum dikaruniai anak.suami sudah periksa lab untuk spermanya dan hasilnya gerak cepat nol, lebih banyak gerak lambat dan ditempat. saya juga sudah melakukan hsg, hasilnya nonpatensi tuba kiri dengan hidrosalphing dan paten tuba kanan. dengan kondisi tersebut di atas apakah saya bisa hamil secara alami??terima kasih (perempuan, 29 thn,158 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Di usia pernikahan yang telah menginjak 2 tahun, tentunya Anda dan pasangan sudah sangat mendambakan kehadiran sang buah hati di tengah-tengah Anda.

Dari hasil pemeriksaan HSG dapat diketahui bahwa terdapat penyumbatan dan pelebaran pada saluran telur kiri (hidrosalping) Anda. Hal ini umumnya disebabkan oleh adanya proses infeksi di masa lampau yang membuat saluran telur kiri tidak berfungsi. Keadaan ini tentunya dapat menurunkan kemungkinan terjadinya kehamilan di samping meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan di luar kandungan pada saluran telur sebelah kanan. Belum ditambah dengan adanya riwayat kista endometriosis yang semakin memperkecil kemungkinan terjadinya kehamilan secara alami. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda dan pasangan mulai mempertimbangkan untuk mencoba menjalani program inseminasi dengan merangsang produksi sel telur matang dari indung telur sebelah kanan. Apabila cara ini tetap tidak berhasil, maka dapat dipertimbangkan untuk mengikuti program bayi tabung. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

dr. Indra N. C. Anwar, Sp.OG

    0 Komentar

    Belum ada komentar