Sukses

Operasi perbaikan palatum

17 Oct 2014, 17:22 WIB
Pria, 24 tahun.
Dokter saya pria berusia 24 tahun dan saya menderita cleft palate sejak kecil sehingga saaya mengalami kesulitan dalam berbicara. Waktu kecil belum dilakukan operasi ini karena kurangnya pengetahuan dan biaya. oleh kaena itu saya ingin menanyakan apakah saya masih bisa di operasi mengingat usia saya sudah 24 tahun? berapa lama masa penyembuhannya dan apakah saya bisa berbicara normal kembali? rumah sakit mana yang bisa untuk operasi ini. terima kasih (laki-laki, 24 thn,174 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Dengan kondisi palatum yang tidak optimal, berbicara dapat menjadi suatu hal yang sulit dilakukan. Namun Anda tidak perlu khawati, karena kondisi ini masih dapat diperbaiki dengan operasi.

Untuk melakukan operasi ini, diperlukan sebuah tim yang umumnya terdiri atas dokter spesialis bedah plastik, dokter spesialis telinga-hidung-tenggorok-kepala dan leher (THT-KL), dokter gigi, psikolog, terapis, dsb. 

Adapun kesulitan berbicara pada keadaan ini dapat disebabkan oleh bentuk bibir dan mulut yang tidak optimal, dan/atau penurunan daya pendengaran. Untuk itu perlu dilakukan beberapa proses evaluasi guna menentukan kemungkinan penyembuhannya, termasuk pemeriksaan daya pendengaran Anda. Perubahan kemampuan berbicara yang paling dramatis memang dapat ditemukan pada pasien-pasien yang telah menjalani operasi sejak masih kanak. Akan tetapi perubahan bermakna juga dapat dicapai oleh pasien yang baru menjalani operasi saat menginjak usia dewasa, apabila segera diimbangi dengan terapi wicara yang dilakukan secara intensif.

Untuk itu janganlah putus asa. Cobalah berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik mengenai prosedur terapinya secara lengkap. Sebagai pilihan, Anda dapat mendatangi beberapa rumah sakit besar yang memiliki fasilitas cukup lengkap, terutama jenis rumah sakit pendidikan di mana terdapat banyak ahli yang berkompeten di bidangnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar