Sukses

Obat hipertensi, seumur hidup?

17 Oct 2014, 04:39 WIB
Wanita, 50 tahun.
Selamat malam. Saya penderita hipertensi ( TD mula - mula 140/90 ) sekarang saya minum amplodipin 5 ml 2 hari sekali. TD sekarang 130/85. Apakah obat amplodipin ini diminum terus - menerus ?? dan apa efek sampingnya ??? Mohon penjelasannya. Terima kasih.( perempuan, 50 thn,154 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang terjadi akibat peningkatan tekanan darah.Hipertensi dikendalikan melalui modifikasi gaya hidup yaitu diet rendah natrium (rendah garam) dan olahraga 3-5 kali seminggu, @ 30 menit. Apabila tidak terkendali melalui modifikasi gaya hidup, maka dibutuhkan obat tekanan darah tinggi untuk mengendalikannya.

Apabila Anda tidak dapat mengendalikan tekanan darah Anda melalui modifikasi gaya hidup, maka obat tersebut memang harus Anda konsumsi seumur hidup. Namun tentu saja Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk evaluasi dosis obat dan frekuensi minum obat. Tekanan darah tinggi harus dikendalikan karena banyaknya komplikasi yang mungkin terjadi apabila tekanan darah melonjak tidak terkendali, seperti stroke dan serangan jantung.

Semua obat memiliki efek samping namun tidak semua orang mengalaminya. Efek samping amlodipine yang mungkin terjadi adalah : sakit kepala, bengkak pada kaki, lelah, mual, nyeri perut, berdebar-debar, gatal, keram otot, dan sesak napas.

Anda dapat membaca lebih lanjut Hipertensi melalui artikel yang terdapat di daln Rubrik Jantung dan Kolesterol.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar