Sukses

Temporomandibular Disorder

20 Nov 2009, 16:37 WIB
Wanita, 35 tahun.
Salam, Saya memiliki masalah dengan geraham saya. Terkadang ketika mengunyah, sepertinya geraham bawah tidak dapat kembali pas ke tempatnya, jadi seperti agak sedikit miring ke kanan. Sbg informasi, saya dahulu pernah menjalani operasi pencabutan gigi bungsu tapi itu sudah lama sekali. Saya takut ada penyakit lain yang tersembunyi karena saat ini geraham saya sakit kalau dipakai mengunyah. Mohon bantuan dokter. Terima kasih banyak atas perhatian dan waktunya. ( perempuan, 35 thn,165 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Apakah gigi yang Anda keluhkan letaknya bersebelahan atau berdekatan dengan gigi molar (geraham) yang sudah dicabut?Bila tidak, maka agak kecil kemungkinan bahwa kedua hal tersebut berkaitan.

Mengenai gigi molar yang Anda keluhkan, apakah gigi sebelahnya masih ada atau sudah dicabut?Bila ada gigi yang hilang disebelah gigi yang Anda keluhkan, gigi tersebut dapat berubah posisi, biasanya miring ke arah ruang bekas gigi yang hilang. Atau bila sejak semula posisinya memang tidak normal misalnya keluar lengkung rahang, miring, berputar, maka kontak dengan gigi lawan (gigi molar atas) menjadi tidak normal. Gigitan yang tidak normal antara gigi atas dan bawah membuat beban yang diterima gigi tersebut lebih berat dibanding gigi lain, sehingga lama kelamaan merusak jaringan periodontal yaitu gusi dan tulang yang menopang gigi. Kondisi ini dinamakan kontak prematur.

Pada kasus-kasus tertentu bila ada gigi yang mengalami kontak prematur lama kelamaan dapat mengarah kepada kelainan sendi rahang (Temporomandibular Disorder). Gejalanya cukup beragam,mulai dari pusing/sakit kepala yang tidak jelas penyebabnya, bunyi klik pada saat rahang dibuka/ditutup, telinga berdengung, dan masih ada gejala lainnya. Untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Oleh karena itu saya menyarankan Anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi, sehingga kondisi seluruh gigi geligi dapat diperiksa secara langsung.
Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan,semoga dapat membantu Anda.

Drg.Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar