Sukses

Batuk lendir setelah pindah kota

20 Nov 2009, 10:59 WIB
Wanita, 27 tahun.
saya dari sulawesi, semenjak di jogja sya menderita batuk disertai lendir. setelah batuk saya ambil nafas agak sesak. kemudian batuknya ada 5 kali, setelah itu pengen bersin. Bagaimana dengan batuk yang saya alami dok? mungkin ada solusi untuk obatnya dok, krn mengganggu kesehatan saya dok.( perempuan, 27 thn,156 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Batuk adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari dalam faring (tenggorokan). Batuk yang Anda alami dapat disebabkan oleh infeksi, alergi, perubahan cuaca, atau asma. Apakah Anda memiliki alergi? Apabila Anda memiliki alergi baik debu, dingin, atau karena perubahan cuaca, maka mungkin saja batuk ini disebabkan oleh alergi.

Apakah Anda pernah mengalami batuk darah? Apabila Anda pernah batuk darah, terjadi penurunan berat badan yang signidikan, dan nafsu makan menurun, maka mungkin batuk Anda disebabkan karena infeksi seperti Tuberkulosis (TBC) atau pneumonia.

Apabila keluhan semakin mengganggu, kami sarankan untuk segera berkonsultasi secara langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penungjang (rontgen, laboratorium) untuk mencari penyebab dari batuk Anda. Untuk sementara, Anda dapat meningkatkan asupan cairan untuk mengencerkan lendir (air putih hangat) dan minum obat batuk pengencer lendir yang dijual bebas.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar