Sukses

Sering berkemih saat hamil?

17 Oct 2014, 20:30 WIB
Wanita, 26 tahun.
siang dok, saya wanita sedang hamil 4 bulan, saya dari awal kehamilan sering buang air kecil dengan jarak waktu yg dekat. hampir sekitar 5-10 menit sekali. apakah itu gak berbahaya dok? saya takut krna ini kehamilan pertama saya. kata orang ini disebabkan karna kandungan turun. apa itu benar dok?? seandainya benar turun bolehkah dilakukan pemijatan di bagian perut untuk menaikkannya dok? mohon jawabannya. terima kasih. (perempuan,26th,152cm,45kg)( perempuan, 26 thn,152 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sering buang air kecil pada awal kehamilan wajar terjadi .Pada masa tersebut, kandungan ( uterus) mulai membesar karena perkembangan janin di dalamnya. Uterus yang terletak di belakang kandung kemih dapat memberi penekanan sehingga mempengaruhi pengeluaran urin. Umumnya keluhan ini akan berkurang sejalan dengan usia kehamilan. Uterus yang tadinya menekan kandung kemih akan membesar mengarah ke atas sehingga mengurangi tekanan pada kandung kemih. Namun, keluhan ini kembali akan terjadi menjelang kehamilan, karena pada masa itu janin dalam kandungan mulai turun mengarah ke jalan lahir sehingga dapat menekan kandung kemih.

Sebaiknya Anda tidak perlu melakukan pemijatan untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan seperti keguguran. Keadaan ini termasuk proses yang wajar terjadi dalam kehamilan. Anda hanya perlu menjaga kebersihan area miss V untuk menghindari terjadinya infeksi. Jika keluhan buang air kecil disertai dengan rasa nyeri ataupun demam, sebaiknya  Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar