Sukses

Nyeri perut kiri bawah

20 Nov 2009, 12:17 WIB
Wanita, 30 tahun.
slamat siang, dok.. saya wanita berumur 30 tahun dan sudah menikah. beberapa bulan lalu memiliki riwayat keputihan, tetapi sekarang sudah lebih baik karena sudah memeriksakan diri ke dokter kandungan diberi obat dan setiap hari mengkonsumsi yoghurt. Namun kadang-kadang, perut bagian bawah kiri terasa sakit dan setelah itu biasanya keputihan muncul walau sedikit.untuk mengobati secara tradisional saya minum kunyit dan istirahat, dan setelah itu sakit menghilang. apa penyebab perut bagian bawah kiri sakit ya dok? dan apakah hal itu dapat menghambat seseorang memiliki anak? bagaimana solusinya dan apakah mengkonsumsi kunyit dibenarkan pada kondisi spt itu? trimakasih banyak, dok( perempuan, 30 thn,160 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyebab Nyeri Perut Kiri Bawah

Sulit untuk memastikan penyebab nyeri perut kiri bawah yang Anda alami berdasarkan data yang diberikan. Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut kiri bawah. Posisi perut di kiri bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ kewanitaan. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut kiri bawah. Apabila nyeri tersebut berasal dari nyeri lain, misal: asalnya nyeri pinggang kiri yang menjalar ke perut kiri, maka ada kemungkinan terdapat gangguan pada saluran kemih.

Sehingga akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik khusunya pada perut dan organ kewanitaan, mengingat Anda juga mengeluhkan adanya keputihan setiap kali merasaka nyeri. Jika diperlukan, dokter umumnya akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium atau USG untuk memastikan gangguan yang ada. Bila memang ditemukan adanya gangguan pada organ kewanitaan Anda, hal tersebut dapat menghambat terjadinya kehamilan. Namun jangan khawatir, jika penyebab dapat disembuhkan Anda tetap memiliki kesempatan untuk dapat hamil.


Khasiat Kunyit

Berdasarkan penelitian dengan memanfaatkan hewan percobaan, ekstrak Curcuma memiliki berbagai macam khasiat, seperti antiinflamasi (antiperadangan), aktivitas terhadap peptic ulcer, antitoksik, antihiperlipidemia, dan aktivitas antikanker.

Selain itu, kunyit juga memiliki efek merangsang kontraksi rahim. Hal ini menjadi dasar penggunaan kunyit sebagai jamu untuk melancarkan haid. Sebaliknya, efek perangsangan kontraksi rahim ini membuat kunyit tidak aman dikonsumsi selama masa awal kehamilan karena dapat meningkatkan risiko keguguran.

Jadi, selama Ibu tidak hamil, konsumsi ekstrak kunyit tidak menjadi masalah. Namun, segera setelah Ibu mengalami tanda-tanda kehamilan, seperti keterlambatan haid, sebaiknya jangan teruskan konsumsi kunyit tersebut.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI).


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar