Sukses

Menangani pilek pada anak

23 Nov 2009, 11:00 WIB
Wanita, 28 tahun.
pagi dok...anak saya cowo usia 8 bulan dgn berat 8kg...skrg lg pilek dgn idung meler+mampet...mgg kmrn udh saya bwa ke dokter dan di ksh puyer kebetulan obtnya sdh habis....kl sy ga pgn balik ke dokter lg en pgn beli obt pilek di apotik kira2 obat apa ya dok yg bs utk anak saya??? boleh tidak saya tetesin breathy utk mengatasi hidungny yg tersumbat??? terima kasih( perempuan, 28 thn,168 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebagai orang tua tentunya kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Pilek dan hidung mampat memang dapat membuat anak Anda merasa tersiksa.  Umumnya pilek pada anak disebabkan karena virus dan dengan memberikan obat-obat yang menghilangkan gejala sembari tetap memberikan ASI, anak akan kembali sehat dalam 5-7hari. Namun bila gejala memberat, lendir menjadi semakin kental dan berwarna kuning kehijauan ,kemungkinan penyebabnya adalah infeksi bakteri. Untuk mengobatinya, diperlukan obat anti bakteri atau antibiotik. Macam dari antibiotik sangat bervariasi, semuanya tergantung dari jenis bakteri yang sering mendiami tiap sistem tubuh. Sebaiknya Anda kembali pada dokter yang menangani pertama kali agar pengobatan dapat tepat sasaran dan tidak hanya membuang waktu mencoba-coba dengan jenis obat lainnya. Selain pengobatan, tentunya pemberian ASI harus tetap dijalankan untuk selalu menjaga ketahanan tubuh anak.

Breathy Drops mengandung NaCl 0,9% yang merupakan cairan steril garam fisiologis, fungsinya  dalam hal ini adalah dilusi atau mengencerkan lendir hidung. Cairan ini juga digunakan sebagai cairan infus ataupun pembersih luka. Jadi, tidak ada efek sampingnya pada tubuh. Anda dapat menggunakannya pada bayi, namun yang terpenting adalah mengobati penyebab.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar