Sukses

Polycistic Ovary Syndrom

19 Oct 2014, 20:37 WIB
Wanita, 26 tahun.
pagi, dokter... dokter, saya ada beberapa pertanyaan... 1. dok, saya menikah sudah 2 tahun lebih... tapi sampai sekarang saya belum hamil juga... saya pernah check ke dokter karena dulu kalo saya datang menstruasi selalu 4 bulan sekali / 6 bulan sekali / malah pernah setahun sekali. ternyata hasilnya saya menderita PCO ( POLYKISTIK OVARY SYNDROM )... dok, yang mau saya tanyakan... apakah kista saya ini bisa hilang? gimana caranya? soalnya sebulan yang lalu, saya check lagi masih ada... 2. dok, setelah saya makan obat, mens saya datangnya sudah teratur...tapi untuk bulan oktober dan november, mens saya belum datang juga... saya kira saya hamil... jadi saya check dengan test pack.. ternyata hasilnya negatif... dok, gimana caranya supaya mens saya datang dengan teratur? soalnya saya dikasih obat subur selama 3 bulan ama dokter saya supaya bisa hamil tapi sampai sekarang obatnya belum bisa saya makan... kata dokternya, obatnya dimakan setelah hari ke 2 mens... 3. dok, apakah penderita PCO bisa hamil? saya sudah mendambakan adanya seorang anak dalam keluarga kecil saya... itu saja pertanyaan saya... terima kasih atas jawabannya, dok... ^_^ ( perempuan, 26 thn,158 cm,66 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Dari keterangan yang kami dapatkan dari Anda, tampaknya Anda belum hamil karena masalah anovulasi (sel telur tdk berkembang secara alami tiap bulannya) yang dikarenakan adanya PCO (Polycistic Ovary Syndrom). Dimana kelainan tersebut paling sering ditemukan pada wanita yang sulit hamil.

PCO biasanya berhubungan dengan adanya riwayat Diabetes (sakit gula) di keluarga sehingga ada gangguan fungsi hormon insulin (hormon pengatur gula darah) yang  dapat mengakibatkan terganggunya fungsi indung telur.

Pada wanita yang menderita PCO,umumnya terdapat gangguan perubahan hormon testosteron (hormon lelaki) di indung telur menjadi hormon estrogen (hormon wanita), sehingga kadar hormon testosteronnya lebih tinggi, akibatnya sel telur sulit tumbuh dan haid jadi tidak teratur atau tidak haid. Hal pertama yang harus dilakukan adalah berupaya menurunkan berat badan, karena BB ideal Anda sekitar 52-53 kg.

Kemudian sel telur harus dirangsang dengan obat-obat hormon (pilihan pertama adalah golongan Klomifen sitrat) supaya bisa tumbuh (karena secara alami tidak bisa tumbuh).

Perlu dicoba obat apa yang cocok dan dosis berapa yang diperlukan supaya sel telur bisa tumbuh. Kalau sel telur bisa tumbuh dengan bantuan obat-obatan, tentunya faktor lain seperti sperma dan saluran telur juga harus normal, mudah-mudahan dengan bantuan kehendak Tuhan, Anda bisa hamil.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar