Sukses

Anak BAB selalu menangis

19 Oct 2014, 11:18 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dear Dokter, Anak saya baru berumur 1 bulan tapi ada masalah setiap mau pup selalu nangis padahal tinjanya tidak keras (lembek). apakah ini ada hubungannya dengan susu...susu formula yang saya gunakan adalah bebelac karna asi nya tidak cukup. TX( perempuan, 31 thn,150 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kemungkinan alasan mengapa anak Anda selalu menangis ketika buang air besar sementara tinja nya lembek adalah adanya fisura ani atau luka pada daerah anus. Selain pup yang lembek, apakah juga terdapat tetesan darah yang keluar atau sedikit bercak darah?Memang tidak terlalu jelas apa yang menyebabkan fisura ani. Namun kemungkinan terdapat riwayat konstipasi sebelumnya. Setelah fisura ani menutup, dibutuhkan waktu 6 minggu hingga 3 bulan hingga sembuh sempurna. Selama waktu tersebut, fisura ani masih mudah terbuka dan dapat menimbulkan luka berulang. Penanganan yang dapat diberikan oleh dokter umumnya berupa salep atau obat penghilang nyeri, laksatif atau salep zinc yang berguna untuk melindungi kulit, hingga pembedahan jika memang berlangsung kronik. 

Sebaiknya Anda memeriksakan anak Anda pada dokter anak untuk memastikan penyebab jika anak tetap menangis ketika buang air besar. Jika memang terdapat fisura pada anus, harus dilihat seberapa luas daerah luka sehingga dapat diberikan penanganan yang sesuai. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI) 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar