Sukses

Olahraga pasca persalinan

20 Nov 2009, 11:13 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dear DOkter, saya baru melahirkan 1 bulan yl dengan operasi caesar, berat badan saya sebelumnya adalah 42kg tapi begitu hamil naik menjadi 60kg, setelah 1 bulan saya baru turun 7kg. olah raga apa yang aman saya lakukan untuk menurunkan berat badan terutama bagian perut ? persendian saya setelah melahirkan sepertinya ada masalah terutama dibagian lutut, apa memang kalau di operasi sakit seperti ini ? apa yg harus saya lakukan atau konsumsi agar tidak terlalu nyeri apakah saya boleh melakukan massage atau luluran dibagian perut untuk menghilangkan kotoran (daki) ? Tx a lot ( perempuan, 31 thn,150 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Selamat atas kelahiran bayi Anda! Memang, menurunkan berat badan setelah persalinan membutuhkan kesabaran. Proses persalinan merupakan peristiwa besar dalam hidup dan juga memberikan dampak yang besar pada tubuh. Anda perlu memberikan waktu bagi tubuh yang ikut mengalami 'stress' pasca persalinan. Apalagi Anda telah menjalani persalinan dengan cara operasi caesar, yang tergolong dalam operasi besar.

Olah raga apa yang aman saya lakukan untuk menurunkan berat badan terutama bagian perut ?

Untuk memulai olahraga, sebaiknya harus dipastikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan, apakah jahitan pada perut Anda dalam keadaan baik tanpa ada komplikasi apa pun. Apabila Anda dinyatakan sudah boleh melakukan olahraga, sebaiknya lakukan olah raga kombinasi antara aerobik dengan pembentukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Latihan aerobik yang dapat Anda lakukan seperti jalan, jogging, berenang atau bersepeda. Sedangkan latihan pembentukan dapat dilakukan dengan melakukan latihan untuk mengencangkan otot perut atas, bawah dan samping.

Cara untuk mengencangkan otot perut atas:

  1. Berbaringlah terlentang di atas alas yang keras dengan lutut ditekuk dan kaki menapak di atas lantai.
  2. Posisikan kedua tangan Anda di belakang masing-masing telinga dengan siku menghadap ke luar dan dagu terangkat mengahadap langit-langit.
  3. Tekan panggul Anda agar punggung bagian bawah menyentuh lantai
  4. Ambil nafas panjang, dan ketika menghembuskan nafas, angkat kepala dari lantai, kencangkan otot-otot perut dan tarik pusar ke arah tulang belakang
  5. Tarik nafas kembali ketika menurunkan kepala
  6. Mulai dengan 8-12 kali repetisi. Secara bertahap tingkatkan jumlah repetisi hingga 3 set @12 kali.
  7. Agar lebih menantang, Anda dapat mengangkat kepala hingga tulang belikat dari lantai dan jangan lupa untuk selalu mengencangkan otot-otot perut.

Cara untuk mengencangkan otot perut bawah:

  1. Berbaringlah terlentang dengan lutut ditekuk membuat sudut dan kaki diangkat dari lantai sehingga tulang kering Anda sejajar dengan lantai.
  2. Posisikan kedua tangan Anda di belakang masing-masing telinga dengan siku menghadap ke luar dan dagu terangkat mengahadap langit-langit.
  3. Tekan panggul Anda agar punggung bagian bawah menyentuh lantai
  4. Ambil nafas panjang, dan ketika menghembuskan nafas, angkat pinggul dari atas lantai, kencangkan otot pada bagian bawah perut.
  5. Tarik nafas ketika Anda kembali pada posisi semula.
  6. Mulai dengan 8-12 kali repetisi. Secara bertahap tingkatkan jumlah repetisi hingga 3 set @12 kali.
  7. Agar lebih menantang, Anda dapat mengangkat kepala hingga tulang belikat dari lantai pada saat yang bersamaan ketika mengangkat pinggul.

Cara mengencangkan perut samping:

  1. Berbaringlah terlentang dengan lutut ditekuk dan kaki menapak di atas lantai
  2. Posisikan satu tangan di belakang tiap telinga dengan siku menghadap keluar dan dagu menghadap ke langit-langit.
  3. Tekan panggul Anda agar punggung bagian bawah menyentuh lantai
  4. Ambil nafas panjang, dan ketika menghembuskan nafas, angkat bahu hingga belikat sisi kanan bersilangan menuju lutut kiri
  5. Tarik nafas ketika kembali pada posisi semula
  6. Ulangi dengan sisi lainnya. Mulai dengan 8-12 kali repetisi. Secara bertahap tingkatkan jumlah repetisi hingga 3 set @ 12 kali.

Apakah ada hubungannya dengan lutut nyeri setelah persalinan dengan operasi caesar? Apa yang harus dilakukan untuk mengurangi nyeri?

Kehamilan dapat menyebabkan kelemahan dari persendian dan membuatnya menjadi rentan cedera. Beberapa kemungkinan lain dari nyeri lutut kronis adalah cedera pada tulang rawan dan ligamen di dalam persendian lutut. Anda hanya perlu mengistirahatkan kerja sendi lutut seperti olah raga berlari atau bersepeda sementara waktu hingga rasa nyeri hilang. Namun bila nyeri tidak membaik dan cenderung bertambah hebat, konsultasikan dengan dokter umum atau spesialis penyakit dalam bagian reumatologi untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, sehingga diagnosis pasti dapat ditegakkan dan pengobatan menjadi tepat sasaran. Jika Anda hanya merasakan lutut nyeri tanpa disertai keluhan lain, kemungkinan besar tidak ada hubungannya antara nyeri lutut dengan operasi caesar yang notabene menggunakan anestesi.

Apa saya boleh melakukan massage atau luluran dibagian perut untuk menghilangkan kotoran (daki) ?

Tentunya Anda juga harus menyesuaikan dengan tubuh. Sebaiknya lakukan dengan lembut dan perlahan, jika timbul rasa sakit karena penekanan segera hentikan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar