Sukses

Kaligata= Urtikaria

20 Oct 2014, 05:16 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dh, Maaf mau bertanya perihal penyakit kaligata, teman saya seorang wanita usia 24 thn, jika terkena udara dingin timbul bentol(gatal) yang jika digaruk menimbulkan bentol, hal tersebut terjadi sejak memasuki awal kuliah padahal dari kecil sampai sma tidak alergi dengin yang meyebabkan kaligata, mohon solusi untuk permasalahan tersebut. Terimakasih ( perempuan, 24 thn,165 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kaligata atau biduran disebut urtikaria dalam medis adalah penyakit kulit yang terjadi akibat reaksi terhadap berbagai macam penyebab; semisalkan seperti makanan dan penyedap makanan, obat-obatan dan beberapa situasi seperti panas, dingin atau stress emosional. Biasanya ditandai dengan edema (bengkak) setempat yang cepat timbul dan menghilang perlahan-lahan, berwarna pucat dan kemerahan, meninggi di permukaan kulit serta disertai keluhan gatal, rasa tersengat atau tertusuk.

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghindari penyebab yang diketahui. Jika memang Anda selalu mengalami urtikaria hanya ketika berada di udara dingin, sebaiknya Anda menghindari situasi tersebut atau paling tidak membuat badan menjadi lebih hangat dengan memakai baju lebih tebal. 

Namun jika urtikaria tiba-tiba timbul, Anda dapat meminum obat golongan antihistamin.  Golongan antihistamin yang dapat menyebabkan rasa kantuk adalah CTM, difenhidramin, Sedangkan golongan antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk adalah Loratadine, Cetirizine. Bila keluhan tidak membaik segera ke dokter untuk tata laksana selanjutnya.

Demikan informasi kami sampaikan.Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam


REdaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar