Sukses

Nyeri saat berkemih

19 Oct 2014, 22:16 WIB
Wanita, 50 tahun.
Sudah 5 hari ini saya mengalami gangguan saat buang air kecil dimana setiap keluar rasanya sakit seperti ada yg menekan. Awalnya pada 5 hr yg lalu aktifitas kencing sangat sering hampir setiap 2 jam. Untuk info saya juga menderita penyakit diabetes.( perempuan, 50 thn,155 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Rasa sakit yang dirasakan saat berkemih dalam medis disebut dengan disuria. Keluhan ini dapat mengenai baik pria maupun wanita,  dan anak maupun orang tua. Untuk mencari penyebab pasti disuria pada Anda, dibutuhkan informasi tambahan seperti gejala penyerta selain disuria. Selain itu, diperlukan juga pemeriksaan fisik secara kasat mata oleh dokter dan kemudian diikuti dengan pemeriksaan penunjang berupa laboratorium.

Berikut beberapa informasi yang diperlukan untuk mengarahkan diagnosis:

  • Selain disuria, apakah pada Anda terdapat keputihan dengan jumlah banyak dari biasanya, berwarna keabuan/kuning kehijauan/putih seperti kepala susu, berbau busuk/asam?
    • Jika Ya, sebaiknya Anda berkunjung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melakukan pemeriksaan panggul.
    • Jika Tidak, umumnya sekitar 65-75 % berhubungan dengan infeksi saluran kemih (ISK). Ditambahkan jika Anda menjadi sering berkemih (penambahan frekuensi berkemih) atau mendadak selalu terasa ingin berkemih (urgensi), kemungkinan adanya ISK meningkat menjadi 90%.

ISK umumnya disebabkan oleh bakteri dan terbagi menjadi dua macam;

  1. ISK atas    :  gejala berupa demam, menggigil, nyeri perut, nyeri pinggang, terkadang terasa     ingin muntah. Radang / infeksi terdapat pada ginjal.
  2. ISK bawah : gejala berupa sakit di perut bagian bawah (di atas tulang kemaluan), kencing sakit terutama pada akhir kencing, anyang-anyangan atau kencing tidak tuntas dan rasa masih ingin kencing lagi, walaupun bila dicoba untuk berkemih tidak ada air kemih yang keluar, sering berkemih, dan demam jika sudah berlanjut. Radang terdapat pada kandung kemih atau saluran kemih.

ISK baik atas maupun bawah harus ditangani dengan pemberian antibiotik sesuai dengan bakteri penyebab. Karena jika tidak diobati segera, peradangan akan terus berlanjut dan dapat mengakibatkan komplikasi pada ginjal. Penderita diabetes umumnya lebih memiliki kecenderungan untuk mengalami infeksi pada saluran kemih. Sebaiknya Anda berkunjung ke dokter umum atau spesialis penyakit dalam untuk melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan urinalisis laboratorium.  

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar