Sukses

Penyebab batuk kering kronik

18 Nov 2009, 11:00 WIB
Pria, 20 tahun.
dok saya mau tanya ni..saya dah 2 kali ke dokter tht dgn alesan yg sama yaitu radang tenggorokan yg tidak sembuh.saya sudah menderita penyakin ini sekitar 6 bulan..jujur saja cape dgn penyakin ini.tiap hari berdehem untuk berusaha mengeluarkan lendir nya..tapi terkadang tidak keluar apa2, yg mau saya tanya. apa radan ku yg sudah berbulann2 ini bisa sembuh?dan di mana dokter THT yg bisa di percaya menanggulagni penyakit ni.saya kecewa dgn dokter tht karena sudah 2 kali tetp ja saja ga sembuh( laki-laki, 20 thn,185 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/ Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakana layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang harus dipastikan sebelumnya.

  • Apakah keluhan yang Anda rasakan hanyalah perasaan terdapat lendir dalam tenggorokan sehingga membuat Anda harus berdehem untuk mengeluarkannya, meskipun ternyata tidak terdapat lendir?

  •  Apakah terdapat riwayat keluhan lain seperti demam dan  nyeri menelan? Jika terdapat keluhan ini, periksakan ke dokter THT untuk kemungkinan adanya penyakit tonsilitis kronik/ radang amandel kronik.

  • Apakah terdapat keluhan alergi (bersin di pagi hari/udara dingin, gatal pada daerah mata dan kulit,  ataupun sesak napas disertai bengek)? Jika terdapat salah satu keluhan seperti ini, sangat mungkin batuk yang Anda alami berhubungan dengan alergi. Sehingga penanganan yang paling tepat adalah dengan mengetahui pencetus alergi dan sebisa mungkin menghindarinya. Untuk mengetahui bahan atau zat yang dapat mencetuskan alergi, Anda dapat melakukan tes cukit (prick test) di dokter.

  • Kapan saja Anda merasakan keluhan? Di pagi hari/udara dingin?Setelah mengkonsumsi makanan (kacang, seafood , kerang)? Setelah berada di ruangan dengan banyak debu? Jika Anda merasakannya terutama saat keadaan tertentu, kemungkinan batuk yang Anda alami berhubungan dengan alergi.

  • Apakah keluhan timbul setelah terpapar asap rokok atau uap kimia lainnya? Jika ya kemungkinan keluhan yang Anda rasakan disebabkan karena iritasi pada saluran pernapasan oleh uap kimia. Sehingga yang Anda harus lakukan adalah dengan menghindari sumber uap kimia tersebut.

  • Apakah Anda sedang mengkonsumsi obat lain dari dokter untuk mengobati penyakit Anda yang lainnya, seperti obat jantung? Obat jantung golongan ACE-inhibitor seringkali memberikan efek samping berupa batuk.

    Jika Anda mengkonsumsi obat tersebut, segera hubungi dokter jantung Anda untuk mengganti dengan golongan obat lain.

  • Apakah ada diantara anggota keluarga Anda (orang tua, adik/kakak) yang mengalami alergi ( bersin di pagi hari/udara dingin, gatal pada mata dan kulit, batuk kering tidak sembuh, asma)? Adanya alergi dalam keluarga merupakan suatu pertanda kemungkinan adanya alergi pada Anda.

Mengenai referensi dokter THT, kami mengharapkan pemakluman Anda, atas pertimbangan kebijakan etika profesi serta netralitas independen isi jawaban konsultasi seputar kesehatan, kami tidak dapat menginformasikan lembaga usaha ataupun pihak individu yang berkompetensi yang Anda butuhkan.

Namun Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari Rumah Sakit, Klinik, atau bahkan  Dokter Spesialis pada website Klikdokter.com berkaitan dengan persoalan. Dimana data seluruh dokter yang kami miliki sudah terintegerasi dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Untuk menggunakan fitur pencarian tersebut, akses Menu 'Pencarian' pada Menu Bar  website Klikdokter.com, kemudian pilih 'Cari Dokter'. Anda akan diminta memilih Spesialisasi dari dokter yang Anda cari, kemudian masukan domisili dari dokter yang bersangkutan, kemudian yang terakhir memasukkan nama dari dokter yang Anda cari. Lalu tekan tombol 'Cari'. Pun serupa dengan tahap aplikasi pencarian Rumah Sakit maupun Klinik. Selamat mencoba.

Sekian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar