Sukses

Berhubungan Seksual Saat Haid

20 Oct 2014, 08:09 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok,saya ingin bertanya.Secara agama bila kita sedang dalam masa datang bulan tidak diperbolehkan tuk berhubungan suami istri.Tolong jelaskan alasan secara medis apakah ada pengaruh bagi tubuh kita terutama alat reproduksi bila kita melakukan hubungan saat sedang masa datang bulan.Trima kasih sebelumnya( perempuan, 21 thn,165 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter

Saat menstruasi, akan banyak darah yang keluar dari rahim (uterus) akibat luruhnya dinding rahim (lapisan endometrium). Darah merupakan media yang sangat baik bagi tumbuh dan berkembangnya virus dan mikroorganisme penyebab berbagai macam penyakit. Dengan melakukan hubungan seksual selama menstruasi akan meningkatkan risiko terjadinya penularan penyakit seperti hepatitis B, HIV, dan penyakit-penyakit menular seksual lainnya. Meskipun melakukan hubungan seksual  di luar periode menstruasi juga memiliki risiko untuk terjadinya penularan penyakit-penyakit tersebut, namun risiko ini akan meningkat hingga 7 kali saat menstruasi.

pH vagina pada wanita yang sedang menstruasi juga akan mengalami perubahan dari asam menjadi netral. pH yang netral ini akan mempermudah tumbuhnya mikroorganisme penyebab penyakit-penuakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, sehingga semakin meningkatkan risiko terjadinya penularan penyakit akibat hubungan seksual. (Penyakit Menular Sexual)

Selain itu, organ reproduksi wanita selama mesntruasi lebih sensitif daripada biasanya, sehingga  mudah terluka dan mengalami infeksi. 

Dengan banyaknya risiko yang dapat terjadi akibat melakukan hubungan seksual selama menstruasi, akan lebih baik jika Anda tidak melakukan hubungan seksual selama menstruasi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar