Sukses

Pemberian Obat Cacing

19 Oct 2014, 14:46 WIB
Wanita, 28 tahun.
Siang dok, saya mau tanya : anak saya laki2 sudah berusial 15 bulan, apakah sudah boleh diberi obat cacaing dok? saya dengar dari teman2 pemberian batcacing itu sangat penting untuk anak walaupun si anak tidak cacingan benar kah dok? dan bagaimana aturan waktu pemberian nya dok? terima kasih banyak yah dok....( perempuan, 28 thn,150 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terimasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter

Obat cacing diberikan hanya kepada anak-anak yang terbukti cacingan. Untuk membuktikan apakah seorang anak benar menderita cacingan dapat dilakukan pemeriksaan feses untuk melihat apakah ditemukan telur cacing atau larva cacing di feses anak. Jika anak tidak cacingan dan tidak ada gejala-gejala cacingan seperti anak menjadi rewel, lesu, pucat, berat badan menurun dan perut kembung, maka anak tidak perlu diberikan obat cacing. Terdapat beberapa jenis obat cacing yang tersedia di apotek. Salah satu jenis obat cacing yang banyak digunakan adalah obat cacing dengan kandungan pyrantel pamoat. Obat dengan kandungan ini tidak boleh diberikan pada anak dibawah 2 tahun.

Pencegahan cacingan dapat dilakukan dengan :

  • Cuci tangan dengan sabun setiap anak selesai bermain dan hendak makan
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak
  • Menjaga kebersihan tempat bermain anak
  • Selalu gunakan alas kaki setiap kali keluar rumah
  • Jaga kebersihan makanan yang dikonsumsi oleh anak, dengan melakukan teknik pencucian makanan dan dengan cara memasak yang benar

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikokter)


    0 Komentar

    Belum ada komentar