Sukses

Operasi Celah Palatum

19 Oct 2014, 21:57 WIB
Wanita, 19 tahun.
Assalamualaikum Pak/Ibu. saya sudah lht gmbr cleft palate. Saya menderta cleft palate yang gmbr kolom prtama. Saya ingin sekali dapat dioperasi. Tolong beritahu bagaimana cara dan tahap2nya ya, dan apakh untuk orng kurang mampu ad dispensasi?Tolong wab ya Dok, Dan apakah Kartu Jamkesmas berguna untk itu? Trims.( perempuan, 19 thn,153 cm,40 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Untuk menjalani operasi celah palatum (cleft palate), anda dapat menemui dokter spesialis bedah plastik yang berkompeten untuk melakukan prosedur rekonstruksi celah palatum. Rekonstruksi celah palatum,yang dikenal juga dengan palatoplasty sebaiknya dilakukan pada bayi berusia 6-18 bulan. Celah palatum ini harus diperbaiki sedini mungkin untuk memperbaiki kemampuan bicara anak dan untuk memberikan pembatas antara rongga hidung dan mulut sehingga dapat membantu proses menelan.  Kadang-kadang dibutuhkan lebih dari 1 kali operasi untuk memperbaiki celah palatum ini,tergantung dari tipe celah palatum dan keparahannya. Teknik untuk melakukan operasinya pun bermacam-macam. Pemilihan teknik operasi tersebut tergantung dari banyak faktor antara lain tingkat keparahan dan dari operator yang akan melakuan operasi. Namun anda tidak perlu khawatir, karena sebelum operasi dilakukan, dokter anda akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pemilihan teknik operasi yang akan anda jalani. Selain itu dokter Anda juga akan memberikan intruksi tertentu yang harus anda lakukan sebelum operasi, seperti harus berpuasa dan harus menghindari beberapa jenis obat tertentu.  

Jamkesmas dapat digunakan di beberapa rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah yang memang menyediakan pelayanan bagi pasien-pasien dengan jamkesmas. Sebelum melakukan operasi ini anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu, apakah rumah sakit yang anda tuju memang melayani pasien dengan jamkesmas. Jika memang RS tersebut melayani pasien dengan Jamkesmas, Anda dapat menggunakan kartu jamkesmas anda untuk melakukan operasi tersebut. Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tahap-tahap yang harus Anda lakukan dalam menggunakan kartu Jamkesmas dapat Anda lakukan di RS yang bersangkutan, karena masing masing RS memiliki prosedur yang berbeda.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.(DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar