Sukses

Nyeri testis kanan

19 Oct 2014, 20:10 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dokter yg terhormat,saya Franky usia 26 thn mempunyai keluhan sbb: Setahun belakangan ini testis sebelah kanan saya sering nyeri,walaupun ringan.Saya pernah ngecek ke dokter umum,setelah di periksa secara fisik katanya ga apa2,jg enggak infeksi,mungkin kecapean aja.Namun hingga saat ini,nyerinya ga kunjung hilang.Intensitas nyerinya seminggu beberapa kali saja dan ringan.Perlu dokter ketahui,setelah saya perhatikan,di saat skrotum dalam keadaan mengendur testis sebelah kanan ini setelah di raba terdapat sedikit benjolan seukuran kacang tanah,jika skrotum sedang dalam keadan mengencang,testis sebelah kanan letaknya lebih tinggi daripada yang sebelah kiri.Terus terang saya takut ini dapat menjurus ke kanker.Kira kira penyakit apa yg saya alami Dok?Terima Kasih atas jawabannya.(perempuan, 26 thn,173 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada buah zakar, dengan penyebab tersering adalah peradangan. Keadaan ini juga dapat disertai pembengkakan testis, nyeri otot, demam, mual, sakit kepala, dan biasanya terjadi setelah seseorang terkena gondongan (nyeri dan pembengkakan kelenjar liur di sekitar telinga depan) akibat infeksi virus mumps. Virus inilah yang kemudian menjadi penyebab terbanyak nyeri testis (terutama hanya sebelah testis). Pernahkah Anda mengalami keluhan-keluhan tersebut?

Apabila nyerinya benar disebabkan oleh virus gondongan ini, maka keluhan umumnya akan sembuh secara spontan dalam 3-10 hari. Namun jika terjadi infeksi bakteri harus diterapi dengan antibiotik. Untuk mengurangi nyerinya sementara, Anda dapat meletakkan handuk di antara dua kaki  Anda saat beristirahat untuk mengelevasi buah zakar, dan melakukan kompres es 10-15 menit 4x/hari hingga nyeri berkurang.

Mengenai perbedaan tinggi testis kanan dengan testis kiri, Anda tidak perlu khawatir. Apabila perbedaannya tidak terlalu bermakna (< 50%), maka hal ini wajar ditemukan sebagai varian normal setiap individu. Akan tetapi memang perlu dilakukan pemeriksaan langsung terhadap benjolan di kantung kemaluan Anda. Benjolan tersebut bisa jadi merupakan kista, massa padat, lentingan akibat infeksi virus herpes, hernia, dsb. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar