Sukses

Adakah Kemungkinan Hamil Alami?

23 Nov 2009, 12:00 WIB
Wanita, 29 tahun.
saya menikah sudah 2 tahun, tapi belum dkaruniai anak.setelah melakukan pemeriksaan ternyata ada kista di indung telur sebesar 5 cm.kemudian saya memutuskan untuk operasi.saya juga sudah melakukan hsg dan ternyata tuba kiri saya non patensi dengan hidrosalphinx.kondisi sperma suami saya untuk gerak cepat nol,gerak lambat 42,dan gerak ditempat25. dengan kondisi yang seperti itu apakah saya bisa haml alami?tks( perempuan, 29 thn,158 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda

Anda sudah menikah 2 tahun tapi belum hamil,kemudian dilakukan operasi karena ada kista indung telur cukup besar.Sayang anda tidak menyebutkan hasli operasi secara rinci,khususnya jenis kistanya (dari hasil Patologi Anatominya) karena jika jenis kistanya adalah Endometriosis maka kemungkinan hamil alami kecil.

Dari hasil HSG,saluran telur kiri tersumbat dan melebar (hidrosalping). Hal ini biasanya akibat infeksi di masa lampau sehingga saluran telur sebelah kiri tidak berfungsi. Keadaan ini tentu juga menurunkan kemungkinan hamil disamping meningkatkan kemungkinan hamil di luar kandungan pada saluran telur yang kanan. Sperma relatif masih cukup baik.

Kami anjurkan untuk mencoba program inseminasi dengan merangsang indung telur (asal telur tumbuh dari sisi indung telur kanan). Jika tidak berhasil, lebih baik untuk berpikir mengikuti program bayi tabung.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan.

Salam,

dr. Indra N.C. Anwar, SpOG

    0 Komentar

    Belum ada komentar