Sukses

Hubungan Seksual Selama Kehamilan

17 Nov 2009, 12:01 WIB
Pria, 24 tahun.
Selamat sore... Saya mau tanya mengenai seorang ibu yang sedang hamil. Istri saya sedang hamil 6 bulan, dia sering bercerita sama saya mengapa saya sekarang sering merasa panas, malam hari juga tetep merasa panas..gerah..walaupun lagi hujan. kenapa demikian dan apakah setiap ibu hamil mengalami seperti itu? Apa benar seorang ibu hamil, bila usia kandungannya semakin tua maka gairah sex nya juga semakin tinggi? Mengapa demikian? Atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih. salam, mr( laki-laki, 24 thn,168 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Mengapa istri saya yang sedang hamil sering merasa gerah dan kepanasan?

Keluhan sering gerah dan merasa kepanasan seperti yang istri Anda rasakan dapat merupakan bagian dari gejala hipertiroid, yaitu suatu keadaan dimana produksi hormon tiroid yang dihasilkan oleh kelenjar gondok di dalam tubuh menjadi meningkat.  Selain sering merasa gerah atau kepanasan, pasien dengan hipertiroid biasanya juga memiliki gejala-gejala lain seperti gangguan tidur, mata menonjol, jari gemetar, sering berdebar debar meskipun tidak melakukan aktivitas fisik berat dan banyak berkeringat. Angka kejadian timbulnya hipertiroid dalam kehamilan diperkirakan 1:1000. Jika istri bapak memiliki gejala-gejala hipertiroid lain seperti yang telah disebutkan diatas, sebaiknya bapak segera membawa istri bapak untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan, karena penanganan yang tidak tepat terhadap kasus hipertiroid dapat menyebakan berbagai komplikasi serius, seperti bayi lahir premature dan preeklamsia.

 

Apa benar seorang ibu hamil, bila usia kandungannya semakin tua maka gairah sex nya juga semakin tinggi?

Timbulnya gairah seksual dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah psikologis, emosi dan hormonal. Beberapa ibu hamil mungkin akan mengalami penurunan gairah seksual selama hamil, namun sebagian ibu hamil lainnya mungkin tidak. Karena itu, tidak dapat dikatakan bahwa ibu hamil dengan semakin meningkatnya usia kehamilan akan mengalami peningkatan gairah seksual. Selama trimester pertama, biasanya ibu hamil akan mengalami mual, muntah, dll sehingga mengakibatkan penurunan gairah seksual. Pada trimester kedua kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami peningkatan gairah seksual karena mereka telah beradaptasi dengan kondisi tubuhnya selama hamil. Pada trimester ketiga kehamilan, ibu hamil akan kembali merasa mudah lelah dan badan sering terasa sakit, hal ini berperan pada timbulnya penurunan gairah seksual. Selama kehamilan, sebaiknya Anda dan istri Anda harus lebih berhati hati dalam melakukan hubungan seksual, karena pada beberapa keadaan hubungan seksual selama kehamilan dapat menimbulkan komplikasi yang tidak baik terhadap ibu dan janin di dalam kandungan. Ibu hamil dengan keadaan-keadaan di bawah ini sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual selama hamil, antara lain :

 
 
 
 
 
 
  • Terjadinya perdarahan dari vagina, tanpa diketahui penyebabnya
  • Berisiko tinggi melahirkan bayi premature
  • Pecah selaput ketuban
  • Plasenta previa, yaitu suatu keadaan dimana letak plasenta (ari-ari) ibu menutupi jalan lahir
  • Incompetent serviks, suatu kondisi dimana leher rahim melemah dan terbuka sebelum waktunya sehingga berisiko tinggi untuk terjadinya keguguran atau bayi lahir prematur.
 

Demikan informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

 

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar