Sukses

Persalinan Tanpa Rasa Sakit

16 Nov 2009, 18:51 WIB
Wanita, 27 tahun.
Salam Dok, Saat ini saya sedang hamil 36 minggu. Saat kontrol kehamilan beberapa saat yang lalu, oleh dokter obsgyn, Saya dikasih tau kalau sekarang ada metode PERSALINAN TANPA RASA SAKIT dengan Suntikan Analgesia Epidural ( Intrathecal Labour Analgesia ). Saya mau tanya apa keuntungan dan efek samping (kontraindikasi) dari metode ini Dok? Untuk jawabannya saya sampaikan banyak terima kasih.( perempuan, 27 thn,155 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terimasih karena telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Saat ini terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit saat melahirkan, antara lain teknik epidural analgesia dan teknik intratechal labour analgesia yang sering juga disebut sebagai teknik spinal. Keduanya merupakan teknik anesthesia yang berbeda, namun mempunyai prinsip kerja yang hampir sama. Pada epidural analgesia, obat bius diberikan secara continuous (terus menerus) dengan adanya kateter (selang) yang dimasukkan ke tulang belakang sehingga efek obat bius lebih lama. Sementara pada intratechal analgesia  tidak ada kateter (selang) yang dimasukkan ke tulang belakang sehingga obat hanya diberikan satu kali dengan lama kerja obat sekitar 2-4 jam. Teknik intratechal analgesia lebih mudah untuk dilakukan dan seringkali dilakukan jika fasilitas untuk melaukan epidural analgesia tidak tersedia.

Keuntungan dari dilakukannya intratechal analgesia antara lain :

  • Teknik ini memiliki angka kejadian komplikasi yang lebih rendah dibandingkan teknik epidural analgesia

  • Teknik ini mudah untuk dilakukan

  • Tidak terbukti dapat meningkatkan angka kejadian melahirkan dengan alat bantu (seperti vacum atau forceps)

  • Tidak memberikan efek samping yang berbahaya terhadap bayi

  • Kemajuan proses persalinan cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan epidural analgesia karena dengan teknik ini ibu tetap merasakan keinginan untuk mengedan seiring dengan timbulnya kontraksi selama kala II persalinan, yaitu fase dimana pembukaan sudah lengkap dan bayi mulai keluar melalui jalan lahir.

Teknik ini tidak boleh dilakukan pada ibu dengan:

  • Terdapat infeksi kulit di area penyuntikan

  • Terdapat peningkatan tekanan intrakranial

  • Memiliki alergi terhadap obat-obat bius yang akan disuntikkan

Efek samping yang dapat terjadi antara lain:

  • Gatal-gatal. Dapat terjadi pada > 50% pasien

  • Mual dan muntah. Dapat terjadi pada 30-50% pasien.

  • Retensi urin, yaitu suatu keadaan dimana urin tertahan di dalam kandung kemih. Hal ini dapat  terjadi pada 30% pasien.

  • Penurunan kesadaran menjadi somnolen, yaitu suatu tingkat kesadaran dimana ibu merasa sering mengantuk dan cenderung ingin terus tidur. Hal ini dapat terjadi pada 40-60% pasien.

  • Penurunan frekuensi jantung jantung janin yang bersifat sementara.

Efek samping tersebut akan hilang jika efek obat di dalam tubuh sudah hilang. Namun demikian, timbulnya efek samping ini dapat dicegah dengan diberikannya beberapa pengobatan sebelum prosedur intratechal analgesia dilakukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar