Sukses

Turun berat badan drastis setelah melahirkan

22 Nov 2009, 08:18 WIB
Wanita, 24 tahun.
sore dok, saya mau bertanya...6 bln yg lalu saya melahirkan pd saat itu berat saya 86KG (dgn tinggi badan 160cm)..saat ini saya sudah 57kg..yg ingin saya tanyakan apakah penurunan berat badan saya berbahaya/tidak?teman2 saya bilang,saya turun sangat drastis?adakah akibat dari penurunan berat badan yg drastis ini,mengingat saat ini saya sering migrain setelah di cek ternyata tekanan darah saya sangat rendah... thanks( perempuan, 24 thn,160 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah, apakah Anda memang melakukan diet khusus? Kemudian, apakah Anda memberikan ASI eksklusif untuk bayi Anda dan apakah ASI Anda keluar dengan lancar? Penurunan berat badan setelah melahirkan memang pada umumnya tidak drastis. Namun apabila Anda menyusui, maka secara alami berat badan Anda akan menurun.

Penurunan berat badan yang wajar berkisar 1-1,5 kg dalam seminggu. Dalam waktu 6 bulan, penurunan berat badan dapat berkisar 24-36 kg. Asalkan konsumsi makanan Anda baik, penurunan berat badan Anda alami, dan ASI Anda tetap keluar untuk asupan sang buah hati, maka tidak ada masalah. Apabila memang Anda tidak ada masalah kesehatan maka hal tersebut tidak apa-apa.

Berbeda lagi apabila Anda memang melakukan diet khusus yang membuat kebutuhan nutrisi Anda tidak terpenuhi sehingga muncullah berbagai masalah kesehatan saat ini, hal tersebut barulah suatu masalah.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar