Sukses

Perencanaan kehamilan post herpes

19 Oct 2014, 16:05 WIB
Wanita, 24 tahun.
Salam hangat dokter Langsung saja ya Dok, begini saya dan suami berencana untuk mempunyai anak akhir tahun ini(pernikahan kami sdh 1 th). Tetapi hal tsb tertunda karena saya dan suami terkena herpes simplex. Pertanyaan saya, dalam waktu berapa bulan kami boleh merencanakan punya anak kembali dan asupan gizi yang baik setelah sembuh dari herpes? Terimakasih dokter atas jawabanya.( perempuan, 24 thn,155 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Setelah Anda dan suami melakukan terapi herpes dan dinyatakan sembuh (terapi selesai) oleh dokter, maka perencanaan kehamilan tetap dapat Anda lakukan. Wanita dengan riwayat herpes sebelumnya tetap dapat hamil dan memiliki anak dalam kondisi sehat. Ibu hamil tersebut sudah memiliki antibodi herpes di dalam tubuhnya yang akan melindungi bayinya sejak dalam kandungan hingga lahir.

Terdapat 2 situasi yang akan membahayakan janin di dalam kehamilan, bila :

  • terjadi episode kekambuhan pada trimester pertama (12 minggu awal) kehamilan yang dapat berujung pada keguguran
  • Episode kekambuhan pada trimester pertama juga dapat menyebabkan neonatal herpes, suatu kondisi yang kurang baik

Virus herpes akan tetap berada di dalam tubuh dan dapat kambuh apabila daya tahan tubuh Anda dan suami menurun. Untuk menjaga agar tidak terjadi kekambuhan kembali, yang diperlukan adalah menjaga pola makan sehat (seimbang dan kaya serat), olahraga teratur (3-5x/minggu), istirahat teratur, dan hindari stress.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar