Sukses

Susah hamil?

20 Oct 2014, 10:50 WIB
Wanita, 31 tahun.
sy sdh menikah slm 8 thn,hsl test sperma suami sy sbb: MOTILITAS gerak cepat (A) : 0% gerak lamabat (B) : 44 % gerak ditempat (C) : 9% gerak bergerak (D): 47% MORFOLOGI NORMAL : 2% MORFOLOGI NORMAL : 98% sehingga hasil diagnosanya: ASTHENOTERATOZOOSPERMIA Sedangkan hsl tes sy sbb : ENDOKRINOLOGI LH : 5,23 FSH : 4,50 Prolactin : 6,70 Estradol :
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Anda sudah menikah 8 tahun namun belum hamil, tentu ada masalah yang seius. Dari hasil pemeriksaan, sperma tampaknya konsentrasi cukup, tetapikualitasnya (motilitas dan morfologi) di bawah normal.

Pada istri tampaknya tidak ada indikasi masalah. Meninjau Anda sudah pernah melakukan inseminasi 1 kali dan belum berhasil, kami anjurkan Anda untuk melakukan operasi laparoskopi (bagi istri) guna mencari kemungkinan adanya faktor penyebab susah hamil yang belum terdeteksi dengan pemeriksaan sebelumnya (misalnya: perlengketan organ genitalia atau endometriosis).

Kalau ada maka harus diperbaiki saat proses laparoskopi tersebut. Setelah itu sebaiknya ulangi proses  inseminasi 2 hingga 3 kali, kalau tetap belum berhasil, ada baiknya untuk mencoba program bayi tabung.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar