Sukses

Benjolan pada payudara

09 Nov 2009, 12:36 WIB
Wanita, 25 tahun.
selamat pagi dok .. saya mau bertanya seputar benjolan yang sy miliki beberapa hari lalu di payudara saya, yang saya tanyakan apakah ada kemungkinan itu merupakan gejala tumor atau kanker, atau hanya benjolan biasa. Awalnya sih saya tidak pernah merasakan sedikit nyeri di bagias tsb. tapi beberapa hari yang lalu saya merasakannya dan kemudian saya raba ternyata ada semacam gumpalan yang kalau di aba seperti bergelunjal., di tempat yang saya rasakn nyeri itu. dan sebagai tambahan saya menyusui tapi beberapa mgu ini saya kurangi menyusui anak saya. dan rasa sakit itu hanya di satu titik saja tidak secara keseluruhan, kalau masalah kebih besarnya iya, karena saya melihat udah bisa karena saya jarang menyusui di bagian itu. mohon bantuannya dok, dan juga saya mau tanyakan ttg gejala umum dan biasa ttg kanker dan tumor .. terima kasih dok sebelumnya, penjelasan doktor sangat bermanfaat bagi saya.,( perempuan, 25 thn,150 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Setiap benjolan yang ditemukan pada tubuh dalam bahasa medis disebut dengan tumor.  Tumor dibagi menjadi dua, jinak/benigna dan ganas/maligna/kanker. Jika ditemukan benjolan pada tubuh dapat disebut tumor. Kemudian tumor tersebut akan diperiksa lebih lanjut untuk dikategorikan ke dalam jinak ataupun ganas. Anda tidak perlu khawatir karena 80% benjolan yang ditemukan di payudara jinak, yang artinya tidak bersifat ganas atau bukan kanker. 

Perbedaan antara tumor jinak dan ganas terletak pada gejala, terapi, dan perkiraan kesembuhan 5 tahun ke depan (5 year survival rates). Benjolan jinak umumnya tidak berbahaya, membesar dalam waktu yang lama (atau memiliki ukuran yang tetap), karakteristik permukaan benjolan licin dan tidak melekat/dapat digerakkan, dan perkiraan kesembuhan ke depan baik.

 

 

Kanker payudara umumnya tumbuh progresif dalam waktu singkat, benjolan umumnya keras, melekat dan tidak bisa digerakkan, terdapat gambaran kulit jeruk pada payudara, puting mengeluarkan cairan nanah atau darah, dapat bermetastasis atau menyebar ke organ lain (paru, rahim, otak), dan karakteristik patologi anatomi yang berbeda dari benjolan jinak.

 

Benjolan jinak dapat hanya diobservasi saja, namun apabila semakin membesar maka disarankan operasi karena dapat menjadi pre-kanker. Sedangkan kanker payudara akan dilihat terlebih dahulu stadiumnya. Terapi kanker payudara mencakup kemoterapi, radioterapi, dan operasi, yang akan disesuaikan dengan stadium.

 

Pada kasus ibu menyusui seperti Anda seringkali terjadi infeksi pada payudara. Mastitis adalah infeksi pada payudara yang terjadi pada 1-2% wanita yang menyusui. Mastitis umum terjadi pada minggu 1-5 setelah melahirkan. Mastitis ditandai dengan nyeri pada payudara, kemerahan, area payudara yang membengkak, demam, menggigil, dan lemah. Penyebabnya adalah infeksi Stafilokokus aureus. Mastitis ditangani dengan pemberian antibiotika. Apakah gejala yang Anda miliki serupa dengan mastitis? 

 

Setiap benjolan yang ditemukan di payudara, harus dicurigai ganas terlebih dahulu sebelum dipastikan jinak. Untuk mengetahui dengan lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi website kami dengan judul Benjolan jinak payudara. Kami juga sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah dengan subdivisi ongkologi.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar