Sukses

Sulit mengungkapkan perasaan?

20 Oct 2014, 08:22 WIB
Wanita, 17 tahun.
1.bagaimana cara kita memahami teman yang sulit mengungkapkan perasaan? 2.bagaimana cara diet yang teratur?( perempuan, 17 thn,154 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Tak dapat dipungkiri, perihal yang Anda kemukakan pada pertanyaan pertama merupakan persoalan perasaan, jadi dari sanalah pula kita dapat memulai. Perbanyak waktu dengan dirinya, harus sering bersamanya, dengan meningkatnya waktu dalam kebersamaan, maka akan semakin besar kesempatan untuk saling mengenal.

Curi hatinya dengan menghargai apa-apa yang disukainya. Intinya Anda dituntut untuk dapat membuat dirinya nyaman ketika bersama Anda. Jika sudah ditemukan titik dimana dirinya sudah nyaman, maka dia dapat menjadi dirinya sendiri secara utuh. Dimana kembali ke dasarnya, manusia adalah makhluk sosial, bagaimanapun setertutup-tutupnya seseorang, pasti tetap membutuhkan teman untuk kebutuhan sosialnya.

Jika masih sulit, tentu  dapat dibantu dengan terlebih dulu Anda yang memulai. Mulailah dengan menceritakan  diri Anda sendiri. Dicoba juga membuka bagaimana hubungan dia dengan lingkungan terdekatnya.

Kunci daripada itu semua adalah kemauan Anda sendiri untuk mendengarkan temanmu itu, jadi jangan pula Anda asyik bercerita dan temanmu itu hanya mendengarkan saja. Dengan kata lain setiap Andaberbicara, usahakan sedikit saja hanya untuk ?pancingan? membuka perbincangan saja. Kalau dirinya sudah  mulai bicara maka Anda harus berubah menjadi pendengar yang baik.

Sesungguhnya manusia suka mendengarkan kata-katanya sendiri. Makin lama dan makin banyak orang berbicara dan mendengarkan katanya sendiri maka orang itu makin kurang dewasa. Seharusnya setiap orang haruslah  membatasi diri untuk berbica, malah harus memberi akan kesempatan kepada orang lain.

Untuk pertanyaan Anda pada bidang gizi, seyogyanya ditanyakan kembali kepada pihak yang berkompetensi khusus, yakni area kesehatan Gizi yang juga terdapat pada Rubrik Gizi Klikdokter.com yang diasuh oleh dr. Fiastuti Witjaksono, M.S. SpGK.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

Dr. Sukardi, SpKJ(K)

    0 Komentar

    Belum ada komentar