Sukses

Sesak dan nyeri dada akibat rokok

18 Oct 2014, 04:41 WIB
Pria, 17 tahun.
Perlu di ingat saya bukan seorang perokok.saya kalau ada orang di samping saya merokok, otomatis saya pasti menghirup asap rokok. Awalnya saya dulu ( umur 10 tahun) kalau ada orang merokok disamping saya dada saya gak enak lama kelamaan dada agak nyeri(umur 12 tahun), kemudian nafasnya jadi berat dan dadanya nyeri(umur 14 tahun), kemudian nyeri dada semakin parah dan nafasnya menjadi berat(umur 17 tahun), kemudian saya kalau mau ngambil nafas yang panjang dada saya nyeri bangat.Efek asap rokok kurang lebih 2 jam baru nyeri dada saya hilang, tp kalau saya jalan lama saya merasa pusing dan rasanya cape.Saya sering main futsal gak tahu kenapa kalau saya hirup asap rokok, baru lari sebentar susah cape banget rasanya dan dada juga nyeri. Kan usia saya masih muda kalau sudah tua, saya gak tahu apakah saya akan tahan dengan nyeri dada dan yang pasti semakin hari semakin parah nyeri dada saya. Mohon penjelasan ilmiah dokter, dan bagaimana caranya, saya bisa sembuh dari penyakit nyeri dada yang ditimbulkan dari asap rokok? saya penderita tekanan darah tinggi 158/80, padahal saya gak pernah merokok, tidak suka makan gajih, lemak, tidak minum alkoho, jarang makan fastfoodl.( laki-laki, 17 thn,165 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perlu ditelusuri lebih lanjut berdasarkan data yang Anda berikan mengenai penyebab dari nyeri dada dan sesak napas yang Anda alami. Faktor pencetus yang memang jelas Anda jabarkan adalah asap rokok namun tidak menutup kemungkinan Anda memiliki pencetus lainnya dan gangguan dari organ pernapasan Anda.

Harus dilakukan anamnesis lengkap disertai pemeriksaan fisik secara langsung serta pemeriksaan penunjang foto roentgen mengingat pada usia 17 tahun Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi. TIndak lanjut dapat diambil apabila semua data sudah dikumpulkan dan dapat diambil kesimpulan mengenai penyebab dari keluhan yang Anda alami saat ini.

Apabila hanya berdasarkan data yang Anda berikan, kemungkinan yang terjadi adalah peningkatan sensitifitas Anda terhadap rokok yang dapat dipicu oleh faktor alergi atau gangguan dari organ paru. Nyeri dada dan sesak napas tersebut haruslah dibuktikan ada atau tidaknya keterlibatan organ jantung, mengingat adanya tekanan darah tinggi yang Anda alami.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan terapi sesuai dengan penyebab yang ditemukan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar