Sukses

Kalsium, wanita, dan osteoporosis

07 Nov 2009, 13:56 WIB
Wanita, 25 tahun.
dokter, apa benar yg paling rentan terserang osteoporosis adalah kaum wanita??? apa sebabnya??? apakah minum susu tinggi kalsium benar2 dapat mencegah osteoporosis??? ada efek sampingnya nggak dok??? karna saya dpt info kalau minum susu tinggi kalsium tanpa diikuti banyak gerak (minimal olah raga 30mnt tiap hari) percuma karna kalsium tidak terserap maksimal dan akan terjadi penumpukan saja. Mohon penjelasannya dok. Tx( perempuan, 25 thn,150 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kalsium merupakan elemen mineral yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Sekitar 99% kalsium berada dalam tulang rangka, sedangkan 1% berada di dalam jaringan lain dan cairan tubuh yang secara luas didistribusikan ke seluruh tubuh.

Kalsium juga sebagai katalisator berbagai proses biologi dalam tubuh dan mempertahankan fungsi membran sel. Karena itu untuk dapat mempertahankan keseimbangan kalsium diperlukan pemasukkan kalsium lebih dari 1.200 gr/hari untuk usia 51 tahun ke atas, dan 1.000 mg/hari untuk 19-50 tahun.

Kami akan mencoba menjawab satu per satu pertanyaan yang Anda ajukan.

dokter, apa benar yg paling rentan terserang osteoporosis adalah kaum wanita? apa sebabnya?

Kemungkinan kejadian osteoporosis memang lebih banyak terjadi pada wanita dikarenakan massa tulang wanita yang lebih sedikit dari pria. Kemungkinan osteoporosis sangat meningkat pada wanita setelah masa menopause karena hormon estrogen yang dapat menjaga massa tulang sudah menurun. Seiring dengan pertambahan usia, kemungkinan osteoporosis akan meningkat, baik untuk pria maupun wanita

apakah minum susu tinggi kalsium benar2 dapat mencegah osteoporosis?ada efek sampingnya tidak dok karna saya dpt info kalau minum susu tinggi kalsium tanpa diikuti banyak gerak (minimal olah raga 30mnt tiap hari) percuma karna kalsium tidak terserap maksimal dan akan terjadi penumpukan saja

Cara terbaik untuk menjaga penurunan dari massa tulang yang berujung menjadi osteoporosis diantaranya adalah memenuhi kebutuhan asupan kalsium setiap hari. Tulang mengandung banyak kalsium. Karena itu sangatlah penting fungsi dari kalsium untuk menjaga tulang tetap kuat. Sumber dari kalsium tidak terbatas dari susu namun juga bisa didapatkan dari produk susu (keju, yogurt), brokolo, bayam, kacang-kacangan.

Menjaga tulang tetap kuat atau mencegah osteoporosis bukan hanya berarti memenuhi asupan kalsium saja namun juga ditunjang beberapa hal lainnya, seperti :

  • memenuhi kebutuhan vitamin D
  • berolahraga teratur
  • tidak merokok dan minum alkohol

Olahraga sendiri akan menjaga keseimbangan dan membantu memperkuat tulang. Namun olahraga tidak berkaitan dengan penyerapan kalsium.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar