Sukses

Terlambat menstruasi

08 Nov 2009, 15:00 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok, saya menikah tanggal 14 Agustus 2009. Riwayat haid saya sebelum menikah selalu teratur dengan siklus 26 hari. Hari Pertama Haid 4 bulan terakhir saya : Bulan Juli tanggal 14 Bulan Agustus tanggal 09 Bulan September tanggal 04 Bulan September tanggal 30 Setelah itu seharusnya saya haid kira-kira tanggal 26 Oktober. Tetapi saya mendapat haid tanggal 04 November (saya terlambat hampir 10 hari). Selama keterlambatan, saya mengalami perubahan nafsu makan bertambah, perut membesar, dan kadang mual/muntah. Saya pernah coba tes pack di hari ke 7 keterlambatan hasilnya muncul 2 garis tapi yang bawah samar-samar. Karena terlambat cukup lama dan ini pertama kali saya sudah berharap saya hamil. Sebenarnya apa yang terjadi dok? Darah yang keluar apakah darah haid biasa atau bukan? Kenapa siklus haid saya bisa mundur padahal saya tidak dalam keadaan stress atau kelelahan. Bagaimana cara saya menghitung waktu subur dok jika siklusnya sudah berubah? Mohon bantuannya dok, saya ingin mendapat momongan segera. Terima kasih atas jawabannya dok.( perempuan, 26 thn,150 cm,35 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda ajukan

Sebenarnya apa yang terjadi dok? Darah yang keluar apakah darah haid biasa atau bukan? Kenapa siklus haid saya bisa mundur padahal saya tidak dalam keadaan stress atau kelelahan.

Keterlambatan siklus menstruasi pada wanita usia reproduksi dicurigai sebagai kehamilan sampai terbukti bukan. Kondisi yang Anda alami disebut dengan oligomenore atau siklus haid > 35 hari.  Kondisi oligomenore dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mungkin saja saat ini sudah terjadi pembuahan namun dikarenakan satu dan lain hal maka pembuahan tersebut tidak dapat diteruskan.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan oligomenore, antara lain adalah pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia), obesitas, stres psikologis, aktivitas berlebih seperti atlit, gangguan indung telur, kekurangan vitamin K, penggunaan obat-obatan tertentu, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid, dsb.

Bagaimana cara saya menghitung waktu subur dok jika siklusnya sudah berubah? Mohon bantuannya dok, saya ingin mendapat momongan segera.

Waktu subur dihitung berdasarkan rata-rata dari 3-6 siklus menstruasi terakhir. Waktu subur adalah Hari Pertama Haid Berikutnya dikurang 14 hari +/- 2 hari. Perkiraan siklus dihitung berdasarkan rata-rata. Untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan, lakukan hubungan intim teratur, 2-3x/minggu.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar