Sukses

Plantar fascitis dalam kehamilan

06 Nov 2009, 22:00 WIB
Wanita, 25 tahun.
pagi dok, kehamilan saya sekarang sudah 35mgg masuk mingg ke 36. 1. Setiap bangun tidur, telapak kaki saya terasa sakit untuk dipakai berdiri dan berjalan, begitu juga jika saya terlalu lama duduk. tapi kalau saya sudah berjalan2 lama2 sakitnya hilang. Itu knapa ya dok? 2. ruas2 jari kaki dan tangan juga lutut saya terasa kaku dan sakit. apa saya kurang kalsium ato kurang gerak ya dok??? karna sejak khamilan 28mgg saya sudah berhenti kerja dan hanya dirumah saja. Tx dok.( perempuan, 25 thn,150 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda berikan.

1. Setiap bangun tidur, telapak kaki saya terasa sakit untuk dipakai berdiri dan berjalan, begitu juga jika saya terlalu lama duduk. tapi kalau saya sudah berjalan2 lama2 sakitnya hilang. Itu knapa ya dok?

Nyeri tumit yang Anda rasakan dapat disebabkan karena peradangan dari plantar fascia yaitu suatu jaringan di sepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki kita. Kondisi yang Anda alami disebut dengan plantar fasciitis.

Plantar fasciitis menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang (berkontraksi) sepanjang malam. Segera setelah kita berjalan-jalan beberapa saat, nyeri yang disebabkan oleh plantar fasciitis ini biasanya berkurang, tetapi mungkin akan terasa nyeri kembali setelah berdiri beberapa lama atau setelah bangun dari posisi duduk.

Pada umumnya plantar fasciitis ini akan menghilang dengan sendirinya tanpa pembedahan atau pengobatan invasif lainnya.

Berat badan yang bertambah dan pembengkakan yang dialami pada saat hamil dapat menyebabkan ligamen (jaringan pengikat) pada tubuh termasuk di kaki – untuk mengendur. Ini dapat menyebabkan permasalahan mekanikal dan peradangan.

2. ruas2 jari kaki dan tangan juga lutut saya terasa kaku dan sakit. apa saya kurang kalsium ato kurang gerak ya dok??? karna sejak khamilan 28mgg saya sudah berhenti kerja dan hanya dirumah saja.

Nyeri pada ruas-ruas jari dapat disebabkan karena gangguan saraf, pembuluh darah, atau otot. Aktivitas yang berat dan kekurangan mineral pembentuk tulang dapat menyebabkan keluhan Anda di atas

Demikian informasi kami berikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar