Sukses

Alergi Susu Sapi (2)

06 Nov 2009, 15:48 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok,saya adalah seorang ibu baru.Saat ini anak saya berusia 4 bln mengalami alergi susu sapi.yang ingin saya tanyakan : 1.apa saja pantangan makanan untuk saya 2.apakah alergi anak saya untuk selamanya?Atau bisa hilang/disembuhkan? 3.berat badannya tak banyak bertambah (lahir BB 3.6kg,usia 4 bln 5.4) apakah anak saya kekurangan gizi?( perempuan, 25 thn,154 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah ada pantangan makanan bagi ibu dengan anak yang alergi susu sapi?

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, harus dipastikan apa benar anak Anda memang alergi dengan susu sapi. Secara definisi, alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang terdapat dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi laktosa oleh karena gejalanya yang serupa. Gejala klinis yang sering terjadi adalah gangguan saluran cerna mulai dari muntah, diare berlanjut yang kadang-kadang disertai darah, konstipasi atau sembelit, hingga dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa adalah masalah yang disebabkan oleh sistem pencernaan.

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi sejati yang dapat dideteksi dengan tes darah  dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit.

Apabila benar anak Anda alergi dengan susu sapi dan baru berusia 4 bulan. Alangkah baiknya jika diberikan air susu ibu (ASI) eksklusif hingga usia 6 bulan, dan setelahnya dikombinasikan dengan makanan pengganti ASI. Untuk ibu dengan anak alergi yang masih menyusu, disarankan diet bebas protein susu sapi dan produk makanan bebas protein sapi.

Apakah alergi susu sapi pada anak terjadi selamanya, atau dapat hilang/disembuhkan?

Pada 80% anak dengan alergi susu sapi akan mengalami toleransi sebelum usia 3 tahun, sisanya hingga usia 14 tahun dan dewasa. Sebaiknya, dilakukan pencegahan dengan cara menghindari susu dan makanan yang mengandung susu sapi hingga usia toleransi sekitar 2-3 tahun. Walaupun akan terjadi toleransi pada usia tersebut, tindakan pencegahan maupun tata laksana yang tepat perlu untuk mencegah terjadinya alergi yang lebih parah serta alergi terhadap makanan alergen (yang dapat mencetuskan alergi) lain di kemudian hari.

Apakah anak saya kekurangan gizi?

Untuk menentukan status gizi, diperlukan data mengenai jenis kelamin dan panjang badan anak Anda. Menurut WHO, berat badan yang sesuai dengan usia 4 bulan adalah 6,4 kg (perempuan)dan 7 kg (laki-laki). Berat badan anak Anda saat ini sebesar 5,4 kg, sehingga tergolong kurang dari rata-rata. Untuk itu sebaiknya perlu ditingkatkan pemberian makan berupa air susu ibu, sebagai makanan yang terbaik bagi bayi sejak lahir-6 bulan. Sebelum menggolongkan berat badan anak Anda, diperlukan juga data panjang badan. Karena mungkin saja berat badan anak Anda ternyata sesuai dengan panjang badan saat ini. Jika terjadi keadaan tersebut, kemungkinan anak Anda berperawakan pendek.

Anda juga dapat mencoba mencari berat badan maupun tinggi badan yang sesuai dengan usia anak Anda melalui kolom Pertumbuhan Anak, pada bagian bawah dari Rubrik Tumbuh Kembang Anak.

Jika gejala alergi susu sapi pada anak Anda menetap dan pertumbuhan menjadi terlambat dibandingkan usia sebayanya, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter spesialis anak. Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar