Sukses

Gurah menurut dunia kedokteran

20 Oct 2014, 09:52 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dokter, bagaimana analisa/tanggapan/pendapat dunia kedokteran mengenai pengobatan alternatif GURAH, yang ceritanya bisa membuang lendir2 kotor dalam tubuh (saluran pernafasan) ? baik apa tidak manfaat/efeksamping gurah dalam dunia kesehatan? terima kasih banyak Dok( perempuan, 25 thn,168 cm,71 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,
 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Pengobatan gurah merupakan pengobatan tradisional dengan menggunakan akar, daun maupun batang pohon srigunggu. Dalam dunia kedokteran, Prof. dr. Soepomo Soekardono, Sp. THT-KL(K) di dalam pidato pengukuhannya selaku Guru Besar Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorok pada Fakultas Kedokteran UGM mengemukakan bahwa beberapa penelitian terhadap pemakaian gurah dapat mengurangi gejala rhinitis (rinosinusitis) kronis; seperti berkurangnya ingus, frekuensi bersin dan keluhan tersumbat. Namun dalam penelitian tersebut ditemukan adanya komplikasi pada daerah telinga, hidung dan tenggorok ( tuba katar, otitis media, tonsilo-faringitis kronis). Sehingga masih diperlukan uji klinis maupun eksperimental dengan mengikuti kaidah Ilmu Farmasi dan Ilmu Kedokteran untuk benar-benar membuktikan khasiat gurah.
 
Sementara ini, dimana belum didapatkan hasil dari penelitian mengenai gurah, maka gurah tidak akan dipakai di dalam dunia kedokteran karena belum terbukti secara ilmiah khasiatnya.
 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar