Sukses

Bronkitis kronis

03 Nov 2009, 12:36 WIB
Pria, 29 tahun.
say sakit batuk berdahak kurang lebih 3bulan tidak sembuh sembuh gejala batuk dimulai kalau terkena udara dingin dan sembuh sendiri bila sudah terlewati hawa dingin tersebut ssaya sudah kedokter dan sudah rontgen katanya paru-paru saya ok dan saya divonis bronkitis trus yang mau saya tanyakan apakah ada obat penyembuhnya dan apakah bisa sembuh sendiri?(laki-laki, 29 thn,163 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, tidak salah jika dokter Anda kemudian menegakkan diagnosa bronkitis pada Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menjelaskan sedikit mengenai bronkitis terlebih dahulu.

Secara definisi, bronkitis adalah suatu peradangan pada bronkus, yaitu sebuah saluran tempat mengalirnya udara dari dan menuju paru. Penyakit ini umumnya bersifat ringan dan dapat sembuh sempurna. Akan tetapi bronkitis juga dapat bersifat serius pada penderita usia lanjut, terutama yang memiliki penyakit menahun (penyakit jantung, paru, dsb).

Dan berdasarkan lama terjadinya, bronkitis dapat dibedakan menjadi bronkitis akut (< 3 bulan) dan bronkitis kronis (> 3 bulan). Bronkitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan organisme lain yang menyerupai bakteri. Sedangkan bronkitis kronis umumnya terkait oleh kondisi medis lain yang mungkin menyertai (sinusitis kronis, bronkiektasis, alergi, pembesaran amandel dan adenoid pada anak) atau faktor gaya hidup dan pajanan dari lingkungan (merokok, asap dari asam kuat, amonia, klorin, sulfur dioksida, hidrogen sulfida, bromin, dsb)

 

Mempertimbangkan pola keluhannya, besar kemungkinan bronkitis yang Anda alami timbul akibat reaksi alergi Anda terhadap udara dingin. Itulah sebabnya mengapa keluhan dapat sembuh sendiri ketika Anda terlepas dari udara dingin. Obat-obatan tidaklah terlalu diperlukan pada kondisi ini, yang terpenting Anda harus senantiasa menghindari berbagai faktor yang dapat menyetuskan keluhan alergi Anda. Selain itu, cobalah untuk senantiasa menjaga daya tahan tubuh Anda agar tetap baik dengan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, cukup istirahat, dan melakukan olahraga secara teratur.  

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar