Sukses

Belum Hamil Setelah Menikah

19 Oct 2014, 21:44 WIB
Wanita, 23 tahun.
Siang Dok, saya udah 2 bulan menikah, tapi selama 2 bulan itu, belum ada tanda2 hamil dan sebeperti biasanya saya mens setiap bulan. yang ingin saya tanyakan : 1. Apa itu hal yang biasa atau ada masalah dalam rahim saya Dok? soalnya saya g' ada kB/ Menunda 2. Memang setiap mens hari pertama (1hari, 1 malam) perut & diarea pinggul saya rasanya sakit. apa itu ada hubunganya? 3. Bagaimana cara mengatasi supaya saya cepat hamil. Terima kasih sebelumnya. Lisme Tambunan( perempuan, 23 thn,163 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dalam mempersiapkan kehamilan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio. Adapun bahan makan sumber asam folat adalah sayur-sayuran berdaun hijau, sereal, buah-buahan seperti jeruk, anggur, dsb.

  • Lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)

  • Beristirahat teratur, baik suami maupun istri, hindari kelelahan dan stress

Berikut adalah beberapa artikel kami terkait upaya merencanakan kehamilan:

Merencanakan kehamilan

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Usia Anda saat ini masih muda dan usia pernikahan Anda pun masih dini. Kehamilan akan terjadi sekitar 60% pada 6 bulan pertama, 80% pada 1 tahun pertama, dan 92% pada tahun kedua. Bersabarlah dan terus berusaha menerapkan tips-tips di atas, dengan tidak melupakan doa yang senantiasa dipanjatkan kepada Yang Maha Kuasa. Jika setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi, tetap belum terjadi kehamilan, perlu dicari penyebabnya dari pihak ayah maupun ibu.

Nyeri perut bagian bawah memang sering ditemukan pada perempuan yang sedang menstruasi. Nyeri tersebut diakibatkan oleh hormon prostaglandin yang dikeluarkan oleh otot-otot dinding rahim. Prostaglandin menstimulasi otot rahim tersebut untuk berkontraksi, menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Prostaglandin juga bertanggung jawab terhadap gejala muntah, diare, dan sakit kepala yang biasanya juga muncul bersamaan dengan nyeri perut.

Nyeri haid masih dibilang normal jika berlangsung selama 2 - 3 hari, umumnya dimulai sehari sebelum mulai menstruasi. Jika Saudari telah mengalami nyeri haid ini sejak pertama kali menstruasi, hal ini disebutkan dismenore primer, dan merupakan hal yang normal atau fisiologis. Seiring dengan bertambahnya usia, intensitas nyeri semakin berkurang, dan biasanya akan hilang setelah mengalami kehamilan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar